Kalau kita sakit kemudian memaksakan diri itu menjadi zalim
Jakarta (ANTARA) - Dai KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) meminta umat Islam tidak memaksakan diri mendapatkan syarat haji "istithoah" (mampu) jika memang belum layak.

"Kalau belum mampu belum wajib berhaji. Kalau kita sakit kemudian memaksakan diri itu menjadi zalim," kata Aa Gym saat menjadi pembicara dalam diskusi Forum Perawatan Kesehatan Haji Indonesia yang dipantau dari Jakarta, Kamis.

Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu mengatakan memaksakan diri yang sejatinya secara fisik dan mental belum mampu berhaji akan tidak baik dan justru bisa menzalimi diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Baca juga: Kemenag sampaikan syarat berangkat haji tahun depan

Komentar Aa Gym itu menanggapi adanya fenomena jamaah calon haji yang sejatinya belum mampu secara fisik seperti karena kendala kesehatan atau sakit tetapi memaksakan untuk tetap berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi, sehingga menjadi persoalan.

Pemerintah sendiri mengatur syarat "istithoah" secara fisik seorang jamaah calon haji agar valid untuk berhaji. Jika tidak memenuhi persyaratan maka pemerintah akan merekomendasikan calon haji terkait untuk tidak berangkat terlebih dahulu demi kemaslahatan bersama. Ibadah haji adalah amalan yang sangat erat dengan ketahanan fisik.

Baca juga: Kena COVID-19, Aa Gym berharap bisa menginspirasi

Aa Gym mengatakan nikmat sehat yang diberikan oleh Allah adalah anugerah. Sehat adalah nikmat terbesar seorang mukmin setelah nikmat iman. Untuk itu, bagi jamaah yang memang masih bisa meningkatkan kebugaran agar berdisiplin untuk sehat.

"Satu kata penting ini adalah disiplin. Allah memberi kekuatan apapun lewat kedisiplinan. Hafalan kuat itu hadiah dari kedisiplinan, kuat lari itu karena disiplin latihan lari. Disiplin adalah kemampuan orang melakukan apa yang seharusnya ia lakukan," kata dia.

"Membangun kekuatan ini membangun kebaikan dan dicintai Allah. Menjadi Muslim yang kuat ini adalah amal sholeh yang membuat kita lebih baik dan dicintai Allah jika ikhlas, terlepas jadi berangkat haji atau tidak," katanya.

Baca juga: Aa Gym ingatkan umat pentingnya 3M saat pandemi agar tidak zalim

Baca juga: Aa Gym ajak masyarakat bersatu padu hadapi ancaman pandemi


 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021