karakter kepemimpinan dan intelektual tercermin di Kampus Untirta ini
Serang, Banten (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menilai Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mewarisi nilai keteladanan dua sosok pergerakan di Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa dan Syeih Nawawi Albantani.

"Simbol perpaduan kekuatan ulama dan umaro yang mewakili karakter kepemimpinan dan intelektual, ini tercermin di Kampus Untirta ini," kata Presiden saat meresmikan kampus baru Sindangsari Untirta di Pabuaran Kabupaten Serang, Banten, Kamis.

Presiden mengatakan perpaduan karakter yang dibutuhkan di sebuah perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pusat kaderisasi kepemimpinan nasional, nilai-nilai keteladan tersebut harus benar-benar diimplementasikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan kampus baru Untirta di Serang

"Agar Untirta mampu mewujudkan visinya yakni universitas berkelas dunia dan mampu menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Banten dan kebanggaan negara kita Indonesia sebagai 'Green University'. Saya memberikan apresiaasi kepada Untirta yang konsisten menerapkan konsep 'Smart and Green University' secara nyata di lingkungan kampus," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga mengimbau agar jangan melihat kampus secara fisik, tapi kampus baru harus mewakili semangat baru, spirit baru untuk memajukan perguruan tinggi di Provinsi Banten.

"Ini memacu kita untuk berkonsentrasi pada persiapan SDM unggul untuk memenangkan kompetisi dan persaingan global yang saat ini semakin sengit antarnegara," kata Presiden.

Baca juga: Untirta - BPN Banten penguatan program Kementerian ATR/BPN

Rektor Untirta Prof DR Fatah Sulaiman dalam sambutannya mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah mendukung penuh pengembangan kampus baru Untirta Sindangsari.

"Tentu saja di iringi rasa syukur dan terharu serta bahagia, atas nama masyarakat Banten kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden yang sejak awal mendukung penuh pembangunan kampus baru Untirta.

Baca juga: Pendirian Fakultas Kedokteran Untirta didukung penuh gubernur Banten

Rektor juga menjelaskan, Untirta pada awalnya dikhususkan bagi masyarakat Banten untuk meningkatkan akses perguruan tinggi.

"Dan Alhamdulillah mahasiswa kita saat ini sebanyak 20 ribu yang tersebar dari seluruh Indonesia dari berbagai provinsi. Untirta siap membantu menyukseskan program pemerintah yakni membangun SDM yang siap berkompetisi dan bersaing secara global dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dengan sigap dan siap menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut 4,6 juta vaksin AstraZeneca segera tiba Maret

Baca juga: Presiden sebut tren kasus COVID-19 di Indonesia terus menurun


 

Pewarta: Lukman Hakim/Sambas
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021