Medan (ANTARA) - Polda Sumatera Utara menyatakan tidak mencampuri kegiatan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang digelar di Hotel The Hill di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Jumat.

"Kami tidak mencampuri urusan internal partai, yang kami jaga adalah situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Po Hadi Wahyudi, Jumat.

Ia mengatakan tentunya hal itu dengan melakukan langkah-langkah Polri yang Presisi agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan Polri bertanggung jawab mengenai hal tersebut.

Baca juga: Satgas COVID-19 ingatkan peserta KLB Partai Demokrat terapkan prokes

Polda Sumut bertugas memelihara Kamtibmas sesuai tupoksinya.Sejumlah personel dari Polrestabes Medan dan Polda Sumut telah bersiaga selama KLB Partai Demokrat di Sibolangit.

"Kami bekerja secara profesional dan proporsional yang sejalan dengan tuntutan hukum, demokratisasi, keadilan dan kebenaran, serta hak asasi manusia," ujarnya.

Baca juga: AHY sebut SBY tak setuju rencana gelar Kongres Luar Biasa Demokrat

Wahyudi menegaskan situasi KLB Partai Demokrat di Sibolangit berjalan aman dan kondusif.Personel kepolisian masih tetap siaga di lokasi kongres mengantisipasi gangguan Kamtibmas.

Kondisi aman dan kondusif, tidak berbuat anarkis, apalagi memancing keributan di Sumatera Utara (Sumut).

"Jika ada yang merasa keberatan dengan kegiatan KLB Partai Demokrat itu, silahkan tempuh melalui jalur hukum," katanya.

Baca juga: KLB tandingan hanya emosi sesaat

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021