Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang bertekad menjadikan masjid sebagai pusat belajar ilmu agama secara digital dengan melengkapi sarana dan prasarana yang ada.

"Ini dimulai dengan pemasangan wifi gratis di sejumlah masjid di Padang, diharapkan setelah ini, seluruh masjid di Padang sudah menikmati wifi gratis," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Rudy Rinaldy di Padang, Senin.

Menurut dia saat ini terdapat 16 masjid yang telah dipasangi wifi gratis yaitu di Kecamatan Padang Selatan, Surau Gadang, Bungus Selatan, Lubuk Buaya, Padang Besi, Belimbing, serta Batuang Taba.

"Semua itu merupakan program free internet yang digagas Diskominfo Kota Padang," kata dia.

Ia menyampaikan anak-anak sekitar masjid tidak lagi belajar ilmu agama dari cara-cara konvensional, tetapi sudah dipadukan dengan cara-cara digital.

Selain memasang wifi gratis di 16 masjid, dua masjid lain yang dipasangi wifi sudah diperluas jangkauannya. Dua masjid itu berada di Lubuk Lintah dan Tunggul Hitam.

Baca juga: Padang sediakan internet gratis berbasis masjid untuk belajar daring

Baca juga: Kota Mataram sediakan Wi-Fi gratis di sejumlah masjid


Melengkapi program Masjid Digital untuk pemasangan wifi pada tiga masjid juga dibantu oleh PT Tower Bersama Grup yang bergerak di bisnis seluler.

“Ini bukan berarti fungsi masjid sebagai pusat kegiatan akan hilang. Cukup banyak kegiatan di masjid yang ditunjang oleh tersambungnya internet yang memudahkan dalam menggali informasi dan ilmu pengetahuan,” katanya.

Selain menjadikan masjid sebagai pusat belajar ilmu agama secara digital, Rudy juga menginginkan nantinya muncul pengurus masjid yang melek teknologi dengan adanya wifi gratis tersebut.

"Sekaligus menjadi inspirator pencari ilmu bagi anak-anak yang belajar ilmu agama di masjid dan dilakukan secara digital," kata dia

Pada sisi lain ia berharap kehadiran wifi gratis di masjid akan meningkatkan kemajuan usaha warga sekitar masjid.

"Misalnya untuk mempromosikan produk-produk UMKM secara digital. Apalagi perubahan perilaku transaksi dagang akibat pandemi COVID-19 relevan dengan pemanfaatan internet melalui program Masjid Digital," katanya.

Karena itu ia mengimbau pengurus masjid untuk memberitahukan password wifi masjid kepada siapa saja yang membutuhkan, sehingga pemanfaatan internet dapat dilakukan secara optimal.

Baca juga: Ada "Ngaji Internet" dan Facebook di Masjid

Baca juga: Padang sediakan internet gratis di 50 kelurahan untuk belajar daring

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021