UI gelar pameran virtual bursa kerja dan wirausaha 2021

id ui depok,UI CISE Virtual Expo 2021,warek ui,depok

UI gelar pameran virtual bursa kerja dan wirausaha 2021

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr.rer.nat. Abdul Haris (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) Universitas Indonesia (UI) melalui Career Development Center (CDC UI) menyelenggarakan pameran dan seminar virtual yang menyajikan berbagai peluang kerja, magang, beasiswa, dan kewirausahaan atau UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Virtual Expo 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr.rer.nat. Abdul Haris dalam keterangannya, Rabu berharap bahwa acara ini dapat menjembatani lulusan dan mahasiswa dengan industri atau penyedia kerja.

"Diharapkan kegiatan ini dapat membuka cakrawala berpikir mengenai karier dan mampu mendorong para alumni untuk selalu dapat berkarya, serta memiliki cara pandang yang positif dalam melanjutkan karier mereka di masa mendatang," ujarnya.

Pameran dan seminar virtual yang menyajikan berbagai peluang kerja, magang, beasiswa, dan kewirausahaan atau UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Virtual Expo 2021 digelar mulai 23 – 29 Maret 2021

Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Nizam mengatakan masa pandemi ini berdampak pada peluang kerja bagi para sarjana baru maka kesempatan kerja ini menjadi perhatian kita bersama. Oleh karena itu kerja sama gotong royong antara perguruan tinggi dan dunia kerja sangat penting.

"Kami berharap semoga UI CISE Virtual Expo turut mengakselerasi lahirnya para entrepreneur baru yang bisa menggerakkan perekonomian nasional dan mendorong kemajuan dunia industri," katanya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutan virtualnya mengatakan  sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan UI CISE Virtual Expo 2021. Di tengah masa pandemi Covid-19 yang sulit ini, kegiatan seperti UI CISE Virtual Expo sangat ditunggu.

"Setidaknya ada dua hal penting yang menjadi syarat untuk memenangkan persaingan di era disrupsi dan digitalisasi ekonomi saat ini. Hal yang pertama, setiap individu harus memiliki kompetensi yang memadai terutama yang dibutuhkan labour market," katanya.

Ia mengatakan peningkatan kompetensi ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal, vokasi, atau pemagangan. Hal yang kedua adalah kolaborasi, dengan berkolaborasi setiap orang mudah membangun usaha dengan memanfaatkan teknologi digital serta tidak mengandalkan kepemilikan pribadi atau keluarga.

Ajang ini telah diselenggarakan 15 tahun berturut-turut dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-31.

Ketua UI CISE Virtual Expo 2021, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, mengatakan tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk mempertemukan para alumni UI dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja, serta memfasilitasi lulusan yang ingin melanjutkan studi.

"Kami bertekad untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Prof. Sandra Fikawati menyampaikan dalam laporan kegiatan pada pembukaan UI CISE Virtual Expo 2021 bahwa pada acara ini tercatat 160 peserta mitra UI yang terdiri dari 45 perusahaan nasional dan multinasional yang membuka program rekrutmen dan internship, 11 lembaga/universitas pemberi beasiswa (scholarship) baik dari dalam maupun luar negeri, 29 kewirausahaan (start-up) yang menginspirasi, 55 media partner pendukung, 20 mitra perguruan tinggi/lembaga pendidikan, dan 78 sesi webinar. Kegiatan pameran virtual ini dapat diakses melalui alamat https://www.klob.id/UI-CISE2021.

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar