Pemkot Bandung pastikan kenaikan harga pangan masih wajar

id Pemkot Bandung,pangan,wakil wali kota,kota bandung,kebutuhan pokok

Pemkot Bandung pastikan kenaikan harga pangan masih wajar

Kondisi kios penjual daging ayam di Pasar Sederhana, Kota Bandung, jawa Barat, Selasa (13/4/2021). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Bandung (ANTARA) - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut kenaikan harga sejumlah komoditas pangan atau kebutuhan pokok pada awal Ramadan 2021 masih wajar.

Menurutnya, kenaikan harga itu masih dalam batas wajar karena tingkat daya beli masyarakat tetap sama dan tidak ada kelangkaan.

"Bukan soal kelangkaan, itu karena siklus biasa ya di awal Ramadhan seperti ini," kata Yana di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Hari pertama puasa, Mendag: Harga kebutuhan pokok di Bandung stabil

Dia menjelaskan sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan itu di antaranya yakni daging ayam, daging sapi, telur, dan gula.

Adapun dia merinci daging ayam mengalami kenaikan dari Rp38 ribu menjadi Rp42 ribu per kilogram, lalu daging sapi naik dari Rp120 ribu menjadi Rp130 ribu per kilogram.

Sedangkan telur, kata Yana, mengalami kenaikan dari Rp20 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram. Dan gula mengalami sedikit kenaikan dari Rp12,5 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Selain itu, menurutnya minyak curah pun mengalami kenaikan harga. Namun, kata dia, komoditas seperti itu diatur oleh Kementerian Perdagangan secara langsung.

"Kewenangannya Kemendag, kemungkinan minggu ini menurut beliau (Menteri Perdagangan) pasokan barangnya akan diperbanyak," kata Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengungkapkan berdasarkan pantauan per Selasa ini, stok kebutuhan pokok masyarakat dalam kondisi aman tersedia.

"Semua kondisi aman tersedia, tapi harga ada beberapa yang mengalami kenaikan. Ini memang fenomena 'munggahan' atau menjelang Ramadan," kata Elly.

Baca juga: Mendag dan Ridwan Kamil pantau harga kebutuhan pokok di Bandung

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar