Kediri (ANTARA) - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memantau secara langsung proses pembangunan bandar udara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang direncanakan akan mulai operasional pada awal 2023.

"Sudah 51 persen, semua sudah beres. Saya kira juga (proses pembangunan) juga sudah berjalan baik," kata Menteri Luhut setelah dari kunjungan ke lokasi pembangunan bandar udara di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa.

Sementara itu, Bupati Kediri Haninditho Himawan Pramana menambahkan dalam pembangunan bandara tersebut memang masih proses. Saat ini, masih ada lahan warga yang belum dibebaskan. Terdapat sekitar 16 kepala keluarga (KK) dengan lahan sekitar 1,53 hektare yang belum dibebaskan.

"Ada beberapa lahan yang belum dibebaskan. Pemkab juga terus pendekatan secara persuasif. Ada 16 KK, dengan 1,53 hektare, itu sekitar 0,4 persen. Tidak begitu signifikan," kata Bupati.

Baca juga: Menko Luhut siap fasilitasi potensi ekonomi Malang Raya

Ia juga belum mengetahui mengapa 16 KK itu belum bersedia untuk pembebasan lahan guna pembangunan bandara. Padahal, sudah dijelaskan bahwa bandara itu dibangun untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Pembangunan bandara ini demi kepentingan masyarakat banyak, tidak hanya Kabupaten Kediri, di sekitar Kediri pun pasti akan merasakan manfaatnya," kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Ia juga menambahkan sudah menjadi tugasnya sebagai Bupati untuk komunikasi dengan warga pemilik tanah yang hingga kini belum dibebaskan itu. Dirinya sudah mempunyai beberapa rencana komunikasi dengan warga tersebut dan segera direalisasikan.

Baca juga: Menko Marves ingatkan Malang Raya tetap waspadai penyebaran COVID-19

Menteri Luhut yang ditemui di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri tersebut datang dengan rombongan dalam rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur. Sebelumnya, rombongan singgah ke Batu lalu melanjutkan perjalanan ke Kediri.

Dari Batu ke Kediri, Menteri Luhut menggunakan helikopter. Rombongan mendarat di helipad Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri, untuk mendengarkan paparan langsung terkait dengan progres pembangunan bandara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Luhut juga berkesempatan untuk meninjau beberapa lokasi untuk pembangunan bandara. Namun, saat kunjungan kerja di lokasi pembangunan bandara itu, jurnalis tidak diperkenankan untuk meliput.

Setelah dari lokasi proyek pembangunan bandara, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, silaturahmi dan bertemu dengan pengasuh. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

Di PP Lirboyo, Kota Kediri, Menteri Luhut juga bertemu dengan para kiai dari beberapa daerah di Jatim, sekaligus berbuka puasa bersama.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021