Dari hasil pemeriksaan dilakukan, tidak ditemukan penyakit menular
Banda Aceh (ANTARA) - Tim  SAR mengevakuasi seorang anak buah kapal tanker yang juga warga negara (WN) Rusia yang sedang mengalami sakit perut.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh Adah Sudarsa di Banda Aceh, Selasa, mengatakan WN Rusia yang dievakuasi tersebut bernama Alexander Melnik, berusia 32 tahun.

"Yang bersangkutan sakit di bagian perut kanan. Yang bersangkutan merupakan anak buah kapal MT Hulda Mearsk berbendera Denmark dari Port Klang, Malaysia tujuan Terusan Suez," kata dia.

Evakuasi berlangsung di Selat Benggala, di perairan antara Pulau Weh, Kota Sabang dengan Kepulauan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Evakuasi menggunakan dua perahu karet jenis RIB dari Pelabuhan Ulee Lheue

"Tim SAR yang melakukan evakuasi menggunakan alat pelindung diri lengkap guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Sebelum dievakuasi, yang bersangkutan menjalani pemeriksaan kesehatan," kata dia.

Baca juga: Kemlu: Kasus ABK di kapal ikan asing terus naik, capai 1.451 pada 2020

Adah Sudarsa mengatakan evakuasi berawal dari informasi kapten kapal MT Hulda Mearsk via surat elektronik yang menyebutkan seorang anak buah kapal sakit dan membutuhkan perawatan medis.

"Dari informasi tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh menggelar operasi SAR yang melibatkan berbagai pihak terkait. Korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit di Banda Aceh," kata dia.

Koordinator Wilayah Kerja Pelabuhan Ulee Lheue-Lhoknga Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh Fery Irawan mengatakan WN Rusia tersebut diwajibkan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diturunkan dari kapal MT Hulda Mearsk.

"Dari hasil pemeriksaan dilakukan, tidak ditemukan penyakit menular dari WN Rusia tersebut. Suhu tubuhnya normal dan hanya sakit di bagian perut, sehingga diperbolehkan dievakuasi," kata dia.

Baca juga: 22 ABK Kapal Vietnam tes cepat COVID-19
Baca juga: IOJI temukan masih ada pelanggaran HAM ABK Indonesia di kapal asing
Baca juga: Menaker tegaskan komitmen pelindungan ABK perikanan Indonesia

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021