Pontianak (ANTARA) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan didampingi Anggota Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie meresmikan jembatan gantung besi Desa Pancaroba, Kecamatan Sungai Ambawang yang dibangun dari dana APBN tahun 2020 yang menghabiskan anggaran sebesar Rp4,9 miliar.

"Dengan selesainya jembatan tersebut, maka dua dusun di Desa Pancaroba yang selama ini terisolasi, sekarang sudah bisa diakses. Dengan demikian, masyarakat diharapkan bisa memaksimalkan potensi perekonomian daerah," kata Syarif Abdullah saat menghadiri peresmian jembatan Pancaroba di Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalbar, Selasa.

Syarif menjelaskan, berkat aspirasi masyarakat dan dukungan Pemda Kubu Raya, pembangunan jembatan gantung ini akhirnya bisa terealisasi. Jembatan ini bisa dibangun berkat kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah baik di daerah mau pun di pusat.

Dengan terbangunnya jembatan tersebut diharapkan bisa menjadi sebuah perubahan yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mengingat selama ini jembatan tersebut menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat.

"Potensi pertanian masyarakat bisa digerakkan, demikian juga sektor wisata karena potensinya cukup baik. Apalagi desa ini merupakan jalur Trans Kalimantan  tentu orang akan banyak lewat dari luar daerah maupun dari Pontianak ke sini," kata Muda.

Ke depan Pemda Kubu Raya diharapkan bisa  bersinergi bersama pemerintah pusat melalui anggota DPR dalam mengembangkan bidang lainnya di Kubu Raya, termasuk program seperti sanitasi, pembenahan bidang pendidikan, termasuk juga untuk pertanian dan pembenahan rumah tidak layak huni yang di Kubu Raya.

Sementara itu, Kepala Desa Pancaroba, Kecamatan Sungai Ambawang, Marulin mengatakan, pebangunan jembatan tersebut saat ini telah menghubungkan Dusun Sangku dan Dusun Kayak yang selama ini masyarakat di sana harus menggunakan transportasi air yang memakan waktu lama dan biaya besar untuk mengangkut hasil bumi ke ibu kota.

"Untuk itu saya mewakili masyarakat Desa Pancaroba menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kubu Raya dan DPR RI yang telah memperjuangkan pembangunannya," kata Marulin.
Baca juga: Saat pendemi harga kelapa bulat di Kubu Raya capai Rp2.300 per butir
Baca juga: BKKBN apresiasi Kubu Raya dengan aplikasi Geoportal WebGis

Baca juga: 89 peserta ikuti Kubu Raya Traveler Vlog Festival
 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021