Manado (ANTARA News) - Politeknik Negeri Manado, Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Seminar dan Pameran Kewirausahaan mahasiswa Politeknik seluruh Indonesia pada Kamis, 14 Oktober 2010 di Grand Kawanua Novotel.

Direktur Politeknik Negeri Manado, Ir Jemy J Rangan melalui juru bicaranya Efendi Rasyid, Sabtu, mengatakan, penujukan itu merujuk hasil pertemuan Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik se Indonesia pada 18-20 Februari 2010 di Surabaya dan dilanjutkan pertemuan 20-24 Juli 2010.

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan salah satu Program Dikti melalui Direktorat Kelembagaan yang tujuannya antara lain untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa.

Program itu juga ditujukan untuk membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif dan berani mengambil risiko dengan perhitungan.

Selain itu melalui PMW mahasiswa diharapkan berperilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial, meningkatkan kecakapan dan ketrampilan para mahasiswa khususnya sense of business.

"Diharapkan pula dapat menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi, menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan membangun jejaring bisnis antarpelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan," ujarnya.

Ditambahkan Efendi, Politeknik sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi dengan ciri khas pendidikan vokasi, amat terpanggil untuk dapat mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha, antara lain dengan memasukkan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum di semua jurusan.

Pendidikan kewirausahaan ini telah semakin diperkuat dengan implementasi Program Wirausaha Mahasiswa.

Untuk dapat melihat kemajuan dan perkembangan pendidikan kewirausahaan ini serta Program Wirausaha Mahasiswa ini maka dipandang perlu adanya ajang untuk berbagi pengalaman serta sarana untuk memamerkan hasil dan produk kegiatan mahasiswa dimaksud.
(ANT-179/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010