DPRD Padang menginginkan kursi wakil wali kota segera terisi

id berita padang,berita sumbar,wawako,wakil wali kota padang

DPRD Padang menginginkan kursi wakil wali kota segera terisi

Gedung DPRD Kota Padang. ANTARA/HO-DPRD Padang

Padang (ANTARA) - DPRD Kota Padang menginginkan kursi wakil wali kota Padang yang masih kosong usai ditinggal Hendri Septa yang kini menjabat sebagai Wali Kota Padang, agar bisa segera terisi untuk bisa mengatasi permasalahan di daerah ini.

"Kami berharap partai yang bersangkutan secepatnya mengusulkan nama ke DPRD Padang, karena banyak persoalan yang mesti kita selesaikan di Padang ini," kata Ketua DPRD Padang Syahrial Kani saat dihubungi melalui sambungan telepon, di Padang, Selasa.

Namun, lanjut dia, persoalannya saat ini terletak di partai masing-masing yakni PAN dan PKS yang sampai hari ini masih belum mengusulkan nama calonnya ke DPRD Padang, sehingga proses pemilihan wakil wali kota belum bisa terlaksana.

Ia mengatakan meski sudah ada dua kandidat yang diusulkan oleh masing-masing partai, namun hal itu belum resmi dan baru sebatas diumumkan kepada media massa.

Syahrial menjelaskan mekanisme pemilihan wakil wali kota di DPRD Padang dilaksanakan berdasarkan tata tertib yang sudah ada.

"Secara umumnya nanti nama calon akan diusulkan oleh partai pengusung kepada Wali Kota Padang terlebih dahulu, setelah itu barulah disampaikan ke DPRD Padang," ujar dia.

Setelah itu, lanjutnya, pihak DPRD Padang akan segera membentuk panitia pemilihan, dengan satu orang akan mewakili satu fraksi.

Dia mengatakan partai yang berhak mengusulkan nama calon wakil wali kota adalah dari PAN dan PKS, sedangkan partai lainnya tidak berhak mengusulkan nama calonnya karena telah diatur dalam undang-undang.

Berdasarkan aturan yang ada untuk memilih wakil wali kota Padang diusulkan dua nama dari partai pengusung.

Dua nama dari PAN yang direkomendasikan adalah Amril Amin, saat ini Wakil Ketua DPRD Padang, dan Ekos Albar saat ini menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum DPP PAN.

Sedangkan dari PKS, dua nama yang direkomendasikan adalah Mulyadi Muslim saat ini menjabat Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, dan Muharlion Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Padang.

Terkait adanya isu PAN dan Gerindra akan berkoalisi dalam pemilihan calon wakil wali kota Padang, Syahrial yang juga berasal dari Partai Gerindra membantah adanya isu tersebut.

"Tidak ada, kami antarpartai ini kan bersahabat, kami membangun Padang ini dengan asas kebersamaan jadi tidak ada perbedaan mau itu PAN, PKS, atau lainnya karena semua partai yang ada dengan semangat yang sama," ujarnya pula.
Baca juga: PKS tunggu respons PAN Padang soal pengisian kursi wakil wali kota
Baca juga: PKS tetapkan dua nama calon wakil wali kota Padang


 

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar