Beijing (ANTARA) - China telah menetapkan 25 persen wilayah daratannya sebagai "konservasi ekologis" serta membatasi pembangunan dan aktivitas manusia untuk memperbaiki lingkungan dan melestarikan sumber daya.

Kementerian Ekologi dan Lingkungan China satu dekade lalu ditugaskan untuk mengidentifikasi daerah yang membutuhkan perlindungan saat pemerintah negara itu mengakui bahwa beberapa dekade "pembangunan tidak rasional" telah menempatkan keamanan ekologisnya di bawah tekanan berat.

Cui Shuhong, direktur dari Departemen Konservasi Alam dan Ekologi kementerian itu, dalam konferensi pers pada Rabu mengatakan bahwa "garis merah" telah ditarik di sekitar zona-zona yang melayani fungsi ekologis utama serta di area-area yang sensitif dan rentan, demikian pula dengan daerah-daerah penting untuk keanekaragaman hayati.

"Kami akan menggambarkan dan menjaga ketat garis merah perlindungan ekologi ... dan mengendalikan berbagai pelanggaran lingkungan ekologis yang merugikan kepentingan vital rakyat," kata Cui.

Pada 2017, pemerintah pusat China menegaskan bahwa pejabat pemerintah daerah bertanggung jawab untuk melindungi area yang ditentukan.

Kemudian pemerintah pusat juga memerintahkan tindakan keras berkelanjutan terhadap pabrik industri, peternakan, peternakan babi, dan bahkan rumah tinggal yang dibangun di dalam wilayah garis merah, yang ditujukan untuk konservasi ekologis.

Sumber: Reuters

Baca juga: China tahan 95 orang, hukum 2.500 perusahaan terkait kasus lingkungan

Baca juga: Zhejiang Xianju menjadi daerah percontohan "Beautiful China" dengan tema pembangunan ramah lingkungan

Baca juga: Industri kendaraan ramah lingkungan China berkembang cepat


 

Kawanan gajah yang bermigrasi di China bergerak menuju tenggara

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021