Dua desa di Kapuas Hulu Kalbar diterjang banjir bandang

id Banjir bandang di Kapuas Hulu Kalbar

Dua desa di Kapuas Hulu Kalbar diterjang banjir bandang

Ilustrasi - Banjir merendam sejumlah fasilitas umum di Desa Rantau Kalis Kecamatan Kalis salah satunya sebuah gereja di daerah tersebut dan akses jalan penghubung ke pusat kecamatan terputus, Minggu (20/6/2021). ANTARA/HO-BPBD Kapuas Hulu.

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dua desa di Kecamatan Kalis wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat diterjang banjir bandang yang menyebabkan pemukiman warga dan fasilitas umum termasuk jembatan gantung mengalami kerusakan cukup serius.
 
Banjir bandang di Desa Ribang Kadang dan Desa Nanga Sebintang terjadi Rabu (7/7) malam sekitar pukul 19.00 WIB, dan arus banjirnya sempat menyeret seorang anak perempuan tetapi bisa diselamatkan warga setempat.
 
"Banjir bandang terjadi sekitar dua jam, ada beberapa fasilitas umum rusak, bahkan saat kejadian seorang anak perempuan sempat terbawa arus, namun bisa diselamatkan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan, kepada ANTARA, usai meninjau lokasi banjir bandang, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.
Disampaikan Gunawan, banjir bandang tersebut disebabkan hujan deras sejak Rabu (7/7) kemarin.
 
Menurut dia, akibat banjir bandang kurang lebih 100 kepala keluarga di dua desa yang terdampak.
 
"Kami akan melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah teknis lainnya terkait kondisi Desa Ribang Kadang dan Nanga Sebintang yang terdampak banjir bandang," ucap Gunawan.

Baca juga: Korban banjir di Semerantau Kapuas Hulu Shalat Jumat di lapangan
Baca juga: Banjir genangi jalan nasional Kalis-Putussibau

Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar