Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat melalui masjid oleh Bapak Presiden RI selalu dilakukan setiap Idul Adha.
Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyerahkan sapi kurban dengan bobot 923 kilogram bantuan Presiden RI kepada pihak Masjid Nur Ilahi, Kabupaten Kubu Raya.

“Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat melalui masjid oleh Bapak Presiden RI selalu dilakukan setiap Idul Adha. Kami tentu berterima kasih kepada Presiden atas sapi kurban yang telah diserahkan kepada masyarakat ini,” katanya saat penyerahan sapi kurban di Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa.

Ia menyebutkan selain penyerahan sapi dari Presiden juga disalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar sebanyak 21 ekor sapi yang akan disebar atau dibagikan ke kabupaten atau kota di Kalbar.

“Selain itu juga ada 34 ekor sapi dari seluruh staf di Kantor Gubernur yang juga akan dibagikan ke masyarakat di Kalbar. Untuk penerima memang kita berikan ke daerah yang layak dan membutuhkan serta yang mengajukan proposal bantuan hewan kurban,”katanya.

Ia menghimbau bahwa dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, jika ada di rumah pemotongan hewan (RPH) maka itu lebih baik agar bisa mencegah kerumunan dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

“Namun apabila tidak ada rumah pemotongan hewan, maka di masjid tidak ada masalah asalkan ketat menerapkan prokes. Saat pemotongan tidak ada kerumunan,” katanya.

Selanjutnya, untuk penyerahan daging hewan kurban juga tidak dibagikan di masjid. Hal itu bila dilakukan maka akan ada potensi kerumunan.

“Untuk itu panitia qurban lebih baik diserahkan langsung ke penerima daging kurban. Itu mencegah penyebaran COVID-19,” kata Sutarmidji.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Muhammad Munsif menjelaskan terkait hewan kurban bantuan Presiden RI, dilakukan penyeleksian terhadap hewan peternak.

“Untuk hewan kurban yang menjadi bantuan Presiden dalam pemilihannya harus melalui tahap penyeleksian agar sesuai ,sehat dan layak,” kata dia.

Ia menjelaskan bahwa sapi bantuan Presiden merupakan hasil kawin inseminasi buatan (IB) sapi jenis Limousin dan saat ini sudah berumur 3 tahun 1 bulan.

“Untuk peternak sapinya adalah Luko Wasito umur 40 tahun . Peternak sapi ini merupakan warga Rasau Jaya Satu, Kabupaten Kubu Raya,” demikian Muhammad Munsif.

Baca juga: Kalbar salurkan bantuan sapi kurban dari Presiden

Baca juga: Gubernur Kalbar serahkan sapi kurban dari Presiden Jokowi

Baca juga: Kalbar Kembangkan Bibit Sapi Unggul

Baca juga: Kalbar-Selandia Baru kembangkan sapi perah

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021