Banda Aceh (ANTARA News) - Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (2/10) hingga Minggu mengakibatkan ratusan rumah warga di kecamatan Tapaktuan dan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan digenangi air, warga juga telah mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Camat Tapaktuan, Erwiandi di Tapaktuan, Minggu mengatakan ratusan rumah penduduk di Gampong (Desa) Lhok keutapang, Hilir, Padang dan Desa Jambo Apha di genangi air antara 30-70 centimeter lebih.

"Banjir paling parah terjadi di pemukiman warga Lhok Keutapang dengan ketinggian air mencapai 70 centimeter lebih," kata Erwiandi.

Hujan yang mengguyur kabupaten Aceh Selatan selama beberapa hari terakhir juga mengakibatkan salah satu rumah penduduk di kawasan Simpang Terapung rusak pada bagian dapur akibat diterpa tanah longsor.

Erwiandi mengatakan meski air mulai surut secara perlahan namun ia minta warga tetap waspada karena hujan masih mengguyur daerah itu.

Selain kota Tapaktuan, banjir juga mengenangi lahan pertanian dan rumah penduduk di desa Beutong kecamatan Bakongan hingga tiga meter lebih.

Puluhan Kepala Keluarga (KK) di Desa Beutong dilaporkan telah mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Ketua pemuda Desa Beutong, Munawir mengatakan banjir yang terjadi sejak Minggu (3/10) pukul 03.00 WIB itu juga mangakibat satu unit mobil ambulance milik puskesmas tidak dapat dievakuasi.

"Hingga saat ini mobil ambulans itu belum dapat dievakuasi karena masih digenangi air," katanya.

Selain desa Beutong, beberapa desa lainnya seperti Ujong Tanoh, Alur Dua Mas, Ujong Gunong Cut dan Ujong Gunong Rayeuk juga digenangi banjir.
(KR-IRW/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010