Pemerintah Kota Batu menyiapkan anggaran Rp997,5 juta untuk bantuan sosial tunai
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu menyiapkan bantuan sosial tunai untuk 3.325 warga Kota Batu, Jawa Timur, yang terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi, dan Informatika Kota Batu Ony Ardianto di Kota Batu, Jawa Timur, Rabu, mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran Rp997,5 juta yang akan disalurkan kepada warga tersebut.

"Pemerintah Kota Batu menyiapkan anggaran Rp997,5 juta untuk bantuan sosial tunai, yang akan disalurkan kepada BST Profesi, dan Masyarakat Rentan, serta BST Masyarakat Kelurahan," kata Ony.

Baca juga: Hotel dan restoran di Kota Batu terdampak penerapan PPKM Darurat

Ony menjelaskan secara rinci, untuk BST Profesi dan Masyarakat Rentan, bantuan akan disalurkan kepada sebanyak 2.566 orang atau kepala keluarga dengan total anggaran sebesar Rp769,8 juta.

Sementara BST Masyarakat Kelurahan disalurkan kepada sebanyak 759 orang atau kepala keluarga, dengan total anggaran sebesar Rp227,7 juta.

"Bantuan yang akan diterimakan kepada masyarakat adalah sebesar Rp300 ribu per orang atau kepala keluarga dengan total penerima 3.325 orang," ujarnya.

Baca juga: Rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kota Batu penuh

Menurutnya, mekanisme penyaluran BST Profesi, dan Masyarakat Rentan disalurkan melalui tujuh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pengampu di lingkungan Pemkot Batu. Dinas Sosial akan menyalurkan BST kepada 124 orang di balai desa atau kelurahan.

Kemudian, Dinas Pariwisata menyalurkan kepada 925 orang di Batu Tourism Mall, Dinas Koperindag menyalurkan kepada 510 orang di depan Graha Pancasila, dan Dinas Pertanian menyalurkan kepada 31 orang di Balai Desa Sumberjo.

Selain itu, Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja menyalurkan kepada 486 orang di Jatim Park III, Dinas Perhubungan menyalurkan kepada 445 orang di Terminal Kota Batu, dan Dinas Pendidikan menyalurkan kepada 45 orang di Aula Eks Diknas Balaikota Among Tani.

Baca juga: Kepatuhan warga Kota Malang meningkat selama PPKM Darurat

"Untuk penyaluran BST Masyarakat Kelurahan disalurkan di masing-masing kelurahan," ujarnya.

Selain anggaran untuk BST tersebut, juga terdapat alokasi anggaran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp7,38 miliar. BLT tersebut disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 19 desa yang ada di Kota Batu.

"Proses penyaluran BLT Dana Desa tersebut sudah tersalurkan sejak bulan Januari tahun 2021. Sampai saat ini yang sudah tersalurkan sebesar Rp3,075 miliar," kata Ony.

Hingga saat ini, secara keseluruhan di Kota batu, tercatat ada sebanyak 2.156 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 1.738 orang dilaporkan telah sembuh, 168 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca juga: Khofifah siapkan layanan isi ulang oksigen gratis untuk Malang Raya

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021