Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperluas jaringan di Aceh yang saat ini menjangkau 193 kecamatan atau 68 persen ke seluruh kecamatan di 23 kota/kabupaten, serta mencapai 5.102 desa atau 73 persen dari desa yang ada.

"Trafik penggunaan layanan data terus tumbuh sekitar 138 persen dalam dua tahun terakhir di seluruh wilayah Aceh. Perluasan jaringan ini sebagai dukungan pada visi pemerintah untuk percepatan sekaligus pemerataan pembangunan," kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Mengingat pertumbuhan tersebut, perusahaan berusaha memperluas jaringan di semua area, termasuk di pedalaman, seperti Aceh Tengah, Naga Raya, Aceh Selatan, Aceh Barat, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah, karena keberadaan layanan data dan telekomunikasi di sana sangat urgen untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat.

Menurutnya, pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat yang semakin menjadi bagian dari keseharian mereka. Selain itu, jumlah pelanggan di seluruh wilayah Aceh juga terus bertambah, di mana saat ini tercatat lebih dari 325 ribu pelanggan.

Untuk menopang layanan di seluruh wilayah Provinsi Aceh, XL Axiata total mengoperasikan lebih dari 1.850 BTS, termasuk sekitar 825 BTS 4G dan 635 BTS 3G. Jumlah tersebut juga sudah termasuk BTS yang melayani pelanggan di pulau-pulau terpencil seperti Simeulue, Sabang, Breuh, dan Nasi, yang semuanya berada di perairan Samudera Hindia.

“Bagi kami, Provinsi Aceh sangat menantang. Wilayahnya cukup luas dengan medan yang tidak mudah untuk bisa menggelar jaringan. Banyak area yang cukup terpencil, baik yang di kepulauan maupun di daratan dan beberapa kabupaten juga ada lokasi yang bisa kita kategorikan pedalaman,” lanjut Desy.

Selain itu, dia juga tidak ragu meyakinkan masyarakat Aceh untuk menggunakan layanan perusahaan karena upaya penguatan jaringan akan terus dilakukan sepanjang tahun, baik untuk meningkatkan kualitas sinyal di area yang sudah terlayani, maupun perluasan ke sejumlah area baru.

Dari sisi produk, XL Axiata menyediakan paket-paket layanan data melalui kartu XL dan AXIS yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan. Untuk pelajar dan mahasiswa, antara lain ada AXIS BOY yang bisa menjadi sarana untuk mendukung aktivitas belajar dari rumah selama masa pandemi.

Paket ini sangat terjangkau, harganya hanya Rp10 ribu, pelanggan sudah bisa mendapatkan kuota mulai dari 2 GB untuk masa aktif 60 hari.Seluruh paket produk XL Axiata dapat diperoleh di lebih dari 2.800 toko pulsa yang tersebar di seluruh kecamatan di Aceh.

Baca juga: XL Axiata jaga kualitas jaringan dukung Work From Bali
Baca juga: Trafik data XL Axiata naik 35 persen saat Lebaran 2021
Baca juga: Aplikasi Laut Nusantara kini bisa deteksi lokasi ikan tuna

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021