Ulama harus turut serta mengedukasi umat agar selalu disiplin dalam menghadapi ancaman COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut serta dalam mengedukasi umat agar selalu disiplin dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Dasco juga berharap ulama bisa terus bersinergi dengan Pemerintah atau umara dalam mengurusi berbagai persoalan bangsa, terutama dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Saya harap ulama bisa menjembatani komunikasi antara Pemerintah dengan masyarakat. Ulama harus turut serta mengedukasi umat agar selalu disiplin dalam menghadapi ancaman COVID-19," kata Dasco dalam keterangannya, di Jakarta, Senin, terkait Milad ke-46 MUI.

Dasco menginginkan agar para ulama terus membimbing masyarakat khususnya umat Islam, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan mensosialisasikan pentingnya program vaksinasi untuk membangun kekebalan komunal.

Langkah itu, menurut dia, sangat penting karena merupakan wujud ikhtiar Pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR itu menyadari bahwa masih banyak warga yang tidak percaya dengan COVID-19, sehingga abai terhadap protokol kesehatan.

"Di sini peran penting ulama atau tokoh agama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa COVID-19 itu ada. Dengan bergotong royong dan saling menguatkan, kita pasti bisa melewati ujian ini," ujarnya.

Menurut Dasco, ulama bisa menjadi panutan bagi umat Islam dalam memerangi COVID-19, karena edukasi dan contoh nyata dari ulama, penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan.
Baca juga: Ulama diminta edukasi masyarakat agar pahami kebijakan hadapi pandemi
Baca juga: Airlangga minta ulama bantu sosialisasi pentingnya vaksinasi


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021