Bandung (ANTARA) - Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka mendukung Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dan US Army yang menggelar Latihan Bersama “Garuda Shield 15/2021” yang dimulai pada tanggal 1 hingga 14 Agustus 2021.

Dukungan kongkret Bandara Kertajati pada kegiatan Latihan Bersama TNI AD dan US Army ialah dengan memberikan izin akses untuk pesawat US Air Force Boeing C-17 Globe Master yang mengangkut personil US Army untuk pengisian bahan bakar.

Baca juga: Jenderal TNI Andika-Jenderal Flynn buka Latihan Garuda Shield ke-15

"Empat Pesawat US Air Force tersebut, mendarat dan mengisi bahan bakar di Bandara Kertajati,” kata Direktur Operasional dan Pengembagan Bisnis PT BIJB (Perseroda) Ibut Astono dalam keterangan resminya, Senin.

Kegiatan tersebut merupakan latihan bersama antara TNI AD dan US Army yang digelar di 3 lokasi yaitu yakni di Baturaja, Sumatera Selatan, di Amborawang, Kalimantan Timur dan di Makalisung, Sulawesi Utara.

Total ada sebanyak 2.246 Prajurit TNI AD dan 2.282 US Army yang terlibat dalam Latma Garuda Shield 15/2021.

Pihaknya juga mengaku pendaratan ini merupakan kehormatan bagi BIJB Kertajati.

"Dan ini membuktikan bahwa seluruh fasilitas Bandara Internasional Kertajati siap mendukung Kegiatan Latma Garuda Shield 15/2021 pada khususnya, dan penerbangan komersial pada umumnya," kata Ibut.

Baca juga: Pakar: Latihan "Garuda Shield" tidak cederai politik bebas aktif
Baca juga: Tanah Merah 'diserbu' batalyon Raiders dan US Army

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021