Medan (ANTARA News) - Dua siswa Sekolah Dasar meninggal dunia setelah sempat dirawat di rumah sakit Mitra Sejati Medan, Sumut, diduga karena keracunan makanan bakso yang dibeli orang tuanya.

Kedua bocah tersebut yakni M Siddiq (7) dan kakaknya, Kharunnisa alias Nissa (10). Tidak banyak informasi yang bisa diperoleh dari kedua orang tua korban maupun keluarga korban lainnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari lapangan, pada Senin (8/11), korban M Siddiq yang merupakan siswa SDN 067774 dan Khairunnisa siswi SDN 064032 memakan bakso yang dibeli orang tuanya, Eriyani (36), di seputaran wilayah Kelurahan Kedai Durian sepulang menjemput anaknya dari sekolah.

Si bungsu Desi juga turut memakan bakso tersebut.

Selang beberapa menit kemudian, warga yang berdomisili di Jalan Bangun Sari, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor itu mengalami mual dan pusing hingga akhirnya pihak keluarga membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis.

Sempat beberapa jam menjalani perawatan, sekitar pukul 19.00 WIB, M Siddiq terlebih dahulu meninggal dunia dan kemudian disusul oleh Annisa sekira pukul 21.00 WIB.

Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumut, Sacramento Tarigan, menanggapi hal tersebut mengatakan, permasalahan pembinaan industri rumah tangga merupakan tugas dinas kesehatan.

Namun dengan adanya dugaan keracunan makanan yang terjadi kepada kedua bocah tersebut, ia mengatakan, pihaknya akan menelusuri hal tersebut dengan catatan pihaknya harus mendapatkan surat keterangan dari dinas kesehatan terlebih dahulu.

(KR-JRD/Z002/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010