Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Warsawa, Polandia, memperkenalkan keindahan bawah laut Indonesia kepada masyarakat setempat melalui pameran foto "UnderWater Indonesia", menurut keterangan pers KBRI Warsawa yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Senin.

Digelar di Museum Tambang Garam Wieclizka, Polandia, pameran yang berlangsung pada 22 Agustus-12 September 2021 itu menampilkan sekitar 20 foto bawah laut Indonesia hasil karya Janusz Draminski dan istrinya, Alicja Draminski.

Keduanya selama hampir 60 tahun berkecimpung dalam olahraga selam dan mengambil foto-foto di bawah laut.

Dalam acara pembukaan di Ruang Komora Drzdowice III yang berada sekitar 150 meter di bawah tanah, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) RI Taufiq Lamsuhur menyampaikan bahwa Indonesia dan Polandia sama-sama merupakan negara maritim. Namun, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal keanekaragaman hayati laut.

Tidak semua orang dapat menikmati atau melihat keindahan bawah laut karena diperlukan keberanian dan peralatan untuk mengabadikan keindahan bawah laut itu.

Dia menilai masyarakat Indonesia dan Polandia beruntung karena memiliki orang-orang seperti pasangan Draminski yang dapat membawa keindahan bawah laut Indonesia tersebut kepada publik Polandia.

Sementara itu, Wakil Kepala Museum Tambang Garam Wieliczka Agnieska Walonska mengatakan bahwa menyelam dan menambang memiliki kesamaan dalam hal mencari sesuatu yang lebih berguna.

Dalam konteks saat ini, kata dia, kedua hal tersebut dapat diartikan bahwa keindahan bawah laut dan keindahan di dalam pertambangan dapat memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung pameran.

Kepala Museum juga menambahkan bahwa kerja sama antara KBRI Warsawa dan Saltmine Wieclizka perlu lebih dikembangkan di masa datang karena sektor pariwisata telah menjadi kebutuhan masyarakat modern.

Pameran foto yang dihadiri sekitar 30 tamu penting itu turut diramaikan dengan kehadiran Putri Pariwisata Indonesia (2020) Jihane Almira Chedid yang baru saja mengikuti kompetisi Miss Supranational 2021 di kota Nowy Sacz.

Jihan menyampaikan pentingnya sektor wisata dalam mempertahankan kelestarian keragaman bawah laut.

Dia menggarisbawahi potensi kerja sama bilateral antara Indonesia dan Polandia di sektor tersebut.

Keterangan pers KBRI Warsawa juga menyebutkan penyelenggaraan pameran foto itu merupakan sebuah kesempatan emas untuk memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia kepada publik Polandia dan dunia.

Saltmine dikunjungi hampir dua juta orang setiap tahun. Ruang pameran foto "UnderWater Indonesia" dilewati oleh semua pengunjung karena berada di jalur keluar museum. 

Baca juga: Indonesia raih sejumlah penghargaan dalam Miss Supranational 2021
Baca juga: KBRI Warsawa fasilitasi pemulangan WNI ke Tanah Air

Pewarta: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021