Pemkot Depok gandeng Shopee, ajak UMKM beradaptasi ke dunia digital

id UMKM depok,Pemkot depok,Umkm digital,shopee,shopee food,bimbel shopee

Pemkot Depok gandeng Shopee, ajak UMKM beradaptasi ke dunia digital

Depok virtual expo (ANTARA/Foto: istimewa)

Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, berharap dengan kegiatan Depok Virtual Expo maka Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan cepat beradaptasi ke dunia digital, sehingga keterbatasan pasar akibat pandemi dapat teratasi. 

"UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat. Masa pandemi ini tantangan dan peluang bagi pelaku UMKM, untuk bisa maju," kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, di Depok, Selasa.

Ia mengatakan kondisi pandemi yang belum berangsur membaik mendorong pemkot untuk terus berinovasi melakukan program-program yang membantu UMKM untuk bangkit.

Depok Virtual Expo bukan hanya menargetkan para UMKM binaan yang sudah berjalan, namun juga melahirkan wirausaha baru sebagai solusi dari terbatasnya lapangan pekerjaan.

Sejalan dengan itu, kata dia, Pemkot Depok akan melakukan pre-launching program 5000 wirausaha baru dan 1000 perempuan pengusaha yang efektif akan mulai dilaksanakan pada tahun 2022.

Untuk memperkuat program tersebut, lanjut Imam Pemkot Depok, mengadakan Startup Bisnis Competition, mencari talenta-talenta muda yang memiliki ide bisnis namun bingung bagaimana mengimplementasikannya.

Baca juga: Gandeng Shopee, Depok Virtual Expo 2021 hadirkan ribuan UMKM lokal

Bukan hanya permodalan pemenang Start up Bisnis Competition juga akan didampingi oleh inkubator founder plus sehingga para startup dapat mengimplementasikan konsep mereka menjadi sebuah produk yang diterima pasar.

Selain Startup Bisnis Competition, Depok Virtual Expo pun mengadakan webinar untuk wirausaha baru, khususnya bagi para calon wirausaha yang belum menemukan ide bisnis serta mencari bagaimana model bisnis serta bagaimana perhitungan keuangan dalam membangun bisnis.

Para wirausaha baru akan didampingi para pendamping UMKM bersertifikat BNSP pasca-pelatihan.

Pada ajang Depok Virtual Expo Pemkot Depok berkolaborasi dengan Tokopedia, Shopee, dan Shopee Food.

Kolaborasi ini bukan hanya pada ajang Depok Virtual Expo, tapi akan dilanjutkan setelah kegiatan di mana pihak ecommerce berkomitmen akan melakukan pendampingan setelah ajang tersebut  berupa program inkubasi, salah satunya melalui Bimbel Shopee.

Selain itu, ShopeePay dan ShopeeFood juga akan turut membantu menambah visibilitas para UMKM melalui berbagai promo menarik yang dihadirkan, agar bisnis mereka dapat terus bertahan dan berkembang, terutama selama pandemi ini.

Ke depannya, Pemkot Depok juga membuka peluang kerjasama dengan e-commerce lain, yang mau membantu UMKM Depok untuk meningkatkan penjualan di dunia digital.

Baca juga: 350 UMKM Depok ramaikan kegiatan virtual expo

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar