Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan seluruh persiapan latihan bersama antara TNI AD dan US Army disempurnakan agar program Garuda Shield berjalan lancar.

"Sempurnakan di pusat latihan tempur baik di Baturaja, Makalisung maupun Amborawang agar latihan bersama Garuda Shield ke-15 berjalan dengan lancar dan terkendali," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dalam siaran TNI AD diterima di Jakarta Rabu.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa telah melaksanakan telekonferensi di Pusat Latihan Tempur, Baturaja, Sumatera Selatan untuk mengetahui kesiapan program Latihan Bersama Garuda Shield ke-15 2021.

Baca juga: Kasad: Latihan "Garuda Shield" menerapkan protokol kesehatan ketat
Baca juga: Kasad: Jadikan Garuda Shield ajang jalin persahabatan TNI AD-US Army
Baca juga: Wakasad harapkan Latma Garuda Shield pererat hubungan dua negara


Dalam kesempatan itu Kasad menerima paparan materi latihan di Baturaja yang terdiri dari staff exercise, field traning exercise, life fire exercise, medical exercise, dan aviation. Selain itu juga terdapat materi Garuda airborne dan joint combine exchange training.

Kasad juga mendapat laporan mengenai personel yang terlibat di seluruh daerah latihan tempur, serta alutsista yang digunakan dalam latihan.

Selain itu Kasad juga menerima laporan kesiapan dari Panglima Kodam XIII/Merdeka dan Panglima Kodam VI/ Mulawarman. Kedua Pangdam melaporkan persiapan berjalan lancar dan sesuai rencana.

“Saya rasa cukup untuk Pangdam Merdeka dan Pangdam Mulawarman, lanjutkan, apa yang belum sempurna, disempurnakan. Kita di Baturaja juga sedang melakukan pengecekan persiapan akhir, terima kasih semuanya, selamat bertugas," ujar Kasad.

Sebelumnya Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga memastikan latihan bersama itu digelar dengan protokol kesehatan ketat COVID-19. Pada kegiatan latihan tersebut bahkan menyediakan tenda isolasi bagi personel US Army maupun TNI AD jika ada yang terpapar COVID-19.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021