Depok (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menangah (UKM) Teten Masduki mengapresiasi gelaran Depok Virtual Expo yang memberi ruang UMKM untuk berkembang.

"Apa yang dilakukan oleh Pemkot Depok sudah tepat dengan memfasilitasi para UMKM untuk Go Digital dan mengajak masyarakat untuk membela produk lokal serta melakukan upaya-upaya agar UMKM mampu bertahan dan bangkit," kata Teten dalam sambutan pada acara penutupan Depok Virtual Expo, Senin.

Depok Expo merupakan gelaran tahunan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok yang dalam dua tahun belakangan bertransformasi menjadi Depok Virtual Expo.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan dukungannya terhadap program-program pembinaan UMKM di Kota Depok mulai dari pelatihan, pendampingan, pemasaran hingga laporan keuangan serta akses permodalan.

Sandiaga S Uno mengatakan dukungannya terhadap pengembangan setu di Kota Depok, karena ke depan wisata lokal dan alam akan semakin menjadi pilihan.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dalam sambutannya yang sekaligus menutup acara Depok Virtual Expo 2021 mengajak masyarakat untuk bersinergi dan berkolaborasi membawa Kota Depok yang maju berbudaya dan sejahtera.

"Kami mendukung bangkitnya UMKM Depok dengan cara membeli, membela dan memasarkan," katanya.

Imam mengatakan kondisi pandemik mempercepat transformasi ke dunia digital. Depok Virtual Expo berlangsung sejak 24 Agustus hingga 5 September 2021 telah berlangsung meriah, yang diikuti lebih dari 300 peserta.

Depok Virtual Expo telah sukses digelar mulai dari Bazar Digital yang bekerjasama dengan Shopee, Shopee Food serta Tokopedi, yang mendorong pada usaha mikro untuk membuka toko di marketplace serta mendampingi mereka agar bisa bersaing di marketplace.

Pada kesempatan itu pula diumumkan pemenang lomba Start up Competition di menangkan oleh start up Ngejahit dan reselleRun.

Untuk lomba video pendek terdiri dari 4 kategori dengan pemenang kategori Nyok beli, @indiramulyawan (angkringan) kategori Nyok endorse @triguntoraji (minuman JM+) kategori Nyok pasarin @pradiah (madu murni kisanak) serta kategori bangkit saat pandemik @lisa (masker kain).

Baca juga: Gandeng Shopee, Depok Virtual Expo 2021 hadirkan ribuan UMKM lokal
Baca juga: Wali Kota ajak UMKM kembangkan usaha dengan berinovasi
Baca juga: Pelaku usaha di Depok mulai bangkit dengan adaptasi kebiasaan baru


Pewarta: Feru Lantara
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021