Kemenaker lakukan berbagai langkah dorong penyerapan tenaga kerja

id Ketenagakerjaan,kesempatan kerja,Sekjen Kemenaker,tenaga kerja,milenial,BLJ

Kemenaker lakukan berbagai langkah dorong penyerapan tenaga kerja

Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi. (FOTO ANTARA/HO-Kementerian Ketenagakerjaan)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi menegaskan berbagai langkah telah diambil untuk mendorong penyerapan tenaga kerja seperti mengoptimalkan penggunaan Balai Latihan Kerja (BLK).

"Kita mengoptimalkan berbagai program padat karya yang saat ini dilakukan oleh berbagai kementerian seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kemendes PDTT dan lainnya," kata Sekjen Kemnaker Anwar menjawab ANTARA saat dihubungi di Jakarta, Jumat sore.

"Selain itu kita juga mendorong optimalisasi penggunaan balai-balai latihan kerja baik yang dimiliki oleh pemerintah, perusahaan maupun komunitas," tambahnya.

Pemerintah juga terus menggagas angkatan kerja milenial dengan memberikan wadah dalam bentuk pengembangan karier salah satunya dengan membuat Talent Corner di BLK yang berada di bawah naungan Kemenaker.

"Juga kita mengeluarkan berbagai kebijakan untuk tetap mendorong perusahaan-perusahaan masih tetap beroperasi dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya, Anwar juga menjelaskan bahwa langkah pemerintah memberikan stimulus atau bantuan cukup berhasil menekan angka pengangguran.

Menurutnya, kondisi pasar kerja di Indonesia setelah pandemi COVID-19 berdampak pada sisi permintaan atau demand dalam pasar tenaga kerja.

Hal itu ditunjukkan dari total pekerja terdampak dari sisi permintaan sebesar 18,45 juta orang atau 96,6 persen dari seluruh total penduduk usia kerja yang terdampak COVID-19.

Indikasi itu memperlihatkan bahwa pemutusan hubungan kerja (PHK) pada masa pandemi tidak terlalu berkontribusi besar terhadap tingkat pengangguran secara umum.

"Sebab langkah pemerintah dalam bentuk berbagai program bantuan atau stimulus cukup berhasil menekan angka pengangguran karena COVID-19," demikian Anwar Sanusi.

Baca juga: Wapres resmikan 1.014 BLK Komunitas di Ponpes Cipasung

Baca juga: Sekjen Kemnaker: Pusat pasar kerja akan jadi ikon baru Kemnaker

Baca juga: Dirjen sebut milenial lebih inginkan pasar tenaga kerja yang fleksibel


 


Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar