Keerom (ANTARA) - Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista bersama warga perbatasan Kampung Workwana Arso, Kabupaten Keerom, membuat Gapura Merah Putih selamat datang untuk mempercantik wajah perbatasan RI dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan yang diterima, Kamis, mengatakan pembuatan gapura merupakan hasil musyawarah antara warga dengan PTPN II Arso, tokoh adat, dan tokoh masyarakat kampung berserta Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang sepakat membangun Gapura Merah Putih.

"Gapura yang dibangun bertuliskan selamat datang di Kampung Workwana dengan corak warna mencerminkan masyarakat khas daerah Papua di wilayah perbatasan RI-PNG sebagai wujud cinta Tanah Air Indonesia," ujar Dansatgas.


Baca juga: Kodam XVII/Cenderawasih gencarkan serbuan vaksinasi untuk warga

Ia mengakui selama proses pembuatan sampai penyelesaian pengecatan yang bernuansa merah putih dan budaya masyarakat Papua menambah semangat masyarakat setempat bergotong royong memperindah gapura selamat datang di Kampung Workwana wilayah perbatasan RI-PNG.

“Teriknya matahari, tidak melunturkan semangat warga dan prajurit Satgas membuat gapura agar memiliki tampilan yang menarik dengan ciri khas gambar dan warna warni adat budaya masyarakat Papua yang dibentuk sedemikian rupa. Walau dengan bahan sederhana tapi dengan perpaduan warna, sehingga gapura lebih enak dipandang mata,” tambah Dansatgas.

Dansatgas mengatakan antusias dan semangat warga untuk mendirikan gapura menunjukkan besarnya bentuk kecintaan dan semangat cinta Tanah Air warga terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih memberi penghargaan 10 prajurit TNI berprestasi

“Kami menambahkan corak gambar berbentuk genderang tifa khas masyarakat daerah Papua yang memiliki kesan tersendiri bahwa masyarakat setempat kaya dengan seni dan budaya yang masih terjaga serta lestari sampai saat ini,” ungkap Dansatgas.

Salah satu masyarakat Kampung Workwana Bernadus Fatagor (43) mengungkapkan kerja sama menumbuhkan jiwa semangat cinta Tanah Air dan bela negara masyarakat di wilayah perbatasan paling utama dengan wujud kebersamaan mendirikan dan memperindah gapura selamat datang bercorak warna warni masyarakat Papua.

"Saya dan warga kampung mengucapkan rasa terima kasih atas pembangunan gapura. Puji syukur berkat bapak-bapak Tentara Pos Kout Yonif 403, di kampung kami, berdiri gapura bertuliskan selamat datang berwarna merah putih dan bercorak adat budaya masyarakat kami yang mencerminkan semangat warga dan TNI di wilayah perbatasan sehingga gapura terlihat jadi lebih meriah,” ungkap Bernadus.

Baca juga: Satgas TNI bagikan alat tulis untuk siswa SD

Pewarta: Muhsidin
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021