Surabaya (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur memohon doa restu warga provinsi setempat agar dapat mencapai hasil terbaik, bahkan juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, 2-15 Oktober 2021.

"Kami optimistis meraih 136 medali emas. Kami sangat berharap doa restu masyarakat Jatim," ujar Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung di Surabaya, Minggu.

Ia mengaku, saat ini persiapan seluruh atlet yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim sudah mencapai 95 persen.

Menurut Erlangga, optimisme diyakini karena kondisi teknik dan fisik atlet tetap berjalan sesuai program meskipun sempat terhambat dengan adanya pandemi COVID-19.

Erlangga mengatakan, setiap program latihan atlet terpantau langsung oleh tim sport science baik dari aspek fisik, biomekanik, kesehatan, gizi, dan psikologi.

"Selama pelaksanaan PNN (Puslatda New Normal) atlet sudah pada tahapan peaking program mulai bulan September sampai Oktober. Artinya tidak meleset dari jadwal setelah ditunda setahun," ucap dia.

Baca juga: Jawa Timur targetkan juara umum
Baca juga: Kontingen Jatim untuk PON Papua diperkuat 543 atlet


Hanya, kata Erlangga, kendala yang ditemui adalah buramnya peta kekuatan masing-masing daerah karena tidak adanya pertandingan untuk melihat peta kekuatan selama pandemi ini.

"Setelah adanya COVID-19 ini cukup sulit karena semua sama-sama buram peta kekuatan lama. Sehingga, di atas kertas nanti (PON) akan sulit terjadi pecah rekor nasional karena sama-sama turun penampilan atlet. Karena semua provinsi mengalami hasil yang sama, kami optimistis masih bisa leading," tutur mantan Ketua KADIN Jatim itu.

PON Papua akan diselenggarakan di empat daerah atau klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika.

Total medali emas yang ditargetkan Jatim pada PON Papua mencapai sekitar 120 keping dan menjadi juara umum. Mereka bertekad memperbaiki prestasi pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016, yang menempati posisi kedua di bawah tuan rumah.

Setelah melalui tahap registrasi, jumlah atlet dari masing-masing KONI provinsi hanya berjumlah 6.144 orang, ditambah dengan atlet tuan rumah 922 orang, sehingga total keseluruhan mencapai 7.066 atlet.

Secara keseluruhan, terdapat 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan pada PON XX Papua.

Baca juga: KONI Jatim siapkan empat rumah isoman untuk perawatan COVID-19
Baca juga: Delapan kontingen PON XX tiba di Papua
Baca juga: Kominfo pastikan media dapatkan suplai konten pemberitaan PON Papua

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021