Tinggal pembatasan final tingkat kementerian dan lembaga untuk dibawa ke tingkat lebih tinggi
Batam (ANTARA) - Destinasi Pariwisata di Lagoi Bintan dan Nongsa Batam di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siap dibuka terbatas untuk wisata mancanegara (wisman), seiring dengan makin baiknya penanganan dan tingginya angka vaksinasi COVID-19 di daerah setempat.

"Penyebaran COVID-19 sudah jauh menurun. Bahkan dua hari yang lalu di Batam nihil tambahan kasus. Vaksin juga begitu, dosis pertama sudah diberikan pada 79 persen sasaran, untuk dosis kedua sudah 45 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar di Batam, Selasa.

Hotel, resor, restoran, dan destinasi wisata juga telah menerapkan protokol kesehatan dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Enviropment Sustainability) .

Pelaku usaha juga melakukan persiapan berlapis. Di Lagoi misalnya, pengelola menyiapkan bluepass sebagai alat pelacakan kontak erat COVID-19 dan kode QR.

"Karyawan sudah divaksin 100 persen. Kami tawarkan bahwa kami siap. Tapi tetap tidak boleh sombong, protokol kesehatan tetap harus dijalankan," kata dia.

Baca juga: Luhut telepon Menlu Singapura terkait pariwisata Lagoi di Bintan

Tidak hanya itu penanganan kesehatan di sana juga sudah disiapkan, apabila ada wisatawan yang dinyatakan terpapar COVID-19. Apabila ada pelancong yang dinyatakan positif COVID-19, maka bisa menjalani karantina di resor di Lagoi dan Nongsa.

"Karena itu sudah wilayah karantina. Jadi bukan dikarantina di rumah saja. Wilayah Lagoi sudah enclave, kalau ada yang terkonfirmasi, mudah mereka tangani. Apalagi ada bluepass," kata dia.

Ia menyatakan telah berkali-kali mengikuti rapat persiapan pembukaan perbatasan terbatas travel bubble dengan Singapura.

Saat ini sedang dirancang nota kesepahaman antara dua negara untuk pembukaan pembatasan melalui Lagoi dan Nongsa.

"Tinggal pembatasan final tingkat kementerian dan lembaga untuk dibawa ke tingkat lebih tinggi," kata dia.

Baca juga: Singapura sambut rencana pembukaan kawasan wisata Lagoi dan Nongsa

Baca juga: Kepri usulkan travel bubble pariwisata tiga negara Sijori

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021