Denpasar, Bali (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke pasar rakyat, yakni Pasar Badung dan Pasar Swalayan Kota Denpasar, Bali, guna memantau dan memastikan stabilitas perdagangan di tengah pandemi COVID-19

Kedatangan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi disambut Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardhana Sukawati bersama Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha, dan Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata.

Ia mengatakan kunjungan kerja kali ini dikhususkan untuk meninjau Pasar Badung. Terdapat beberapa aspek yang ditinjau, mulai dari vaksinasi COVID-19 untuk pedagang dan pengelola pasar, stabilitas harga, dan daya beli masyarakat.

Mendag yang juga didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Syailendra jmeninjau operasional Pasar Badung dan Pasar Swalayan Tiara Dewata. Pada kesempatan tersebut Mendag berbelanja sekaligus mengecek tera ulang di Pasar Badung, Kota Denpasar.

Baca juga: Mendag: Pasar Badung Bali contoh penerapan SOP PeduliLindungi

"Tadi sudah kami lihat dari kesiapan ini, kita akan mencoba menerapkan SOP PeduliLindungi di Pasar Badung bersama 14 pasar rakyat lainnya di Indonesia guna mewujudkan kenyamanan penjual dan pembeli di masa pandemi sehingga secara berkelanjutan bisa hidup berdampingan dengan COVID-19. Hal ini lantaran pandemi masih belum bisa diprediksi kapan berakhir," ujarnya.

Dia mengatakan saat ini pihaknya berusaha agar Bali segera dibuka untuk internasional sehingga diharapkan kunjungan kembali ramai dan kegiatan ekonomi dapat berjalan. Karenanya, penerapan SOP PeduliLindungi sangat penting di pasar rakyat.

Terkait dengan stabilitas harga dan daya beli masyarakat, Mendag mengatakan harga di Pasar Badung cenderung stabil. Namun memang harus diakui bahwa daya beli masyarakat menurun.

"Harga-harga di Bali aman terkendali, saya ucapkan terima kasih. Kita mau coba supaya lebih ramai lagi sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

Baca juga: Mendag harapkan pameran furnitur Ifex 2021 berperan pulihkan ekonomi

"Saya minta sama pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk menerapkan SOP PeduliLindungi, kita akan coba di Pasar Badung pekan depan supaya kita bisa sama-sama memastikan Bali ini dapat memutus penyebaran pandemi walaupun kegiatan ekonomi akan kita buka dan jalankan," katanya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara megucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. "Dari kunjungan ini dapat disimpulkan bahwa visi kita sama untuk memulihkan Bali. Baik dari sisi kesehatan dan perekonomian," katanya.

Jaya Negara menyambut baik keinginan Mendag untuk menerapkan SOP Pedulilindungi di Pasar Rakyat. Pihaknya siap untuk mengikuti arahan Mendag dalam mendukung penerapan SOP Pedulilndungi di Pasar Badung.

"Pasar Badung kami kira sudah layak, dan saya siap mengikuti arahan Mendag sehingga dengan optimalisasi langkah preventif pencegahan diharapkan dapat mendukung percepatan pembukaan pariwisata Bali yang bermuara pada geliat perekonomian," kata Jaya Negara.

Baca juga: Kemendag kampanyekan masyarakat melek metrologi

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021