Bogor (ANTARA News) - Mahasiswa asal "Seoul Woman University" Korea Selatan berkunjung ke kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka pertukaran budaya antara kedua negara.

Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MSi di Bogor, Jumat menjelaskan, mahasiswa dari Korea Selatan itu berjumlah 10 orang.

Rombongan dari negeri "Ginseng" itu saat datang ke IPB disambut Direktur Kemahasiswaan Dr Rimbawan, Kasubdit Program Internasional Dr drh Moh Agil, M.Agr, dan Presiden Mahasiswa BEM KM IPB Reza Pahlevi.

"Mereka berkunjung selama delapan hari pada pertengahan Januari 2011 ke IPB dan beberapa tempat kebudayaan di Bogor," katanya.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan pertukaran budaya "Seoul Woman University" dan IPB Daniel Naek Chrisendo menjelaskan, selama di IPB mereka melakukan beberapa atraksi budaya dalam rangka saling
memperkenalkan budaya dari kedua negara.

"Program mereka sangat panjang di Indonesia, selain di IPB mereka juga akan mengadakan program mengajar di beberapa sekolah," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, katanya, delegasi mahasiswa Korea Selatan itu memperkenalkan budayanya di antaranya pengenalan olah raga tradisional, permainan tradisional, masakan tradisional, baju adat, dan sebagainya.

Selain itu, mereka juga akan mengunjungi beberapa tempat wisata yang mencirikan budaya atau salah satu budaya di Indonesia, misalnya dengan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pada kunjungan itu, delegasi juga datang ke kampung Sunda Sindang Barang.

"Di kampung Sunda mereka berharap untuk bisa mengikuti upacara adat panen padi, dan juga bisa mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Sunda," katanya.

Pihaknya mengharapkan dengan adanya pertukaran budaya dua negara, yaitu Korea - Indonesia ini, bisa ikut membantu pemerintah dalam mempromosikan budaya Indonesia kepada negara lain.(*)
(A035/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011