Media Center PON Papua terbukti positif bantu jurnalis emban tugas

id PON XX Papua, PON Papua, media center PON Papua, Kementerian Kominfo

Media Center PON Papua terbukti positif bantu jurnalis emban tugas

Fasilitas Media Center Klaster Jayapura. ANTARA/Agus Wira Sukarta/am.

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengatakan di balik kesuksesan PON XX Papua, ada media center yang terbukti secara positif membantu para jurnalis dalam mengemban tugasnya mewartakan informasi dari Bumi Cendrawasih.

Hal itu didapati setelah proses evaluasi dari kehadiran tiga media center di klaster- klaster penyelenggaraan PON Papua pada 2-15 Oktober 2021 itu.

“Terfasilitasinya teman-teman media lokal di empat klaster pertandingan dengan tempat bekerja yang nyaman dan layak. Menciptakan ruang publik yang kondusif melalui pemberitaan positif terkait penyelenggaraan PON Papua,” ujar Dedy kepada ANTARA, Rabu.

Selain menyediakan fasilitas ruang bekerja serta jaringan komunikasi yang stabil, Media Center PON XX Papua juga memberikan ruangan konferensi pers yang menjadi medium diskusi antara narasumber dengan rekan- rekan media.

Dalam evaluasi itu, didapati hasil kehadiran rilis harian yang disuplai oleh Pemda setempat dan Kementerian Kominfo mempermudah wartawan mendapatkan informasi yang baik dan akurat. Baik terkait hasil perlombaan maupun informasi lainnya seperti pembangunan infrastruktur atau respon masyarakat di luar perhelatan acara olahraga akbar nasional empat tahunan itu.

Meski berlangsung di tengah kondisi serba terbatas akibat pandemi, dengan kehadiran media center yang mumpuni hasil kolaborasi Kementerian Kominfo dan PB PON Papua, penyebaran informasi positif tentang PON XX Papua berjalan dengan memuaskan.

Tentunya hasil yang baik terkait peliputan dan penyebaran informasi positif juga dinantikan dari pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo menggandeng pemerintah setempat di tiga klaster penyelenggaraan PON XX Papua untuk menghadirkan media center sehingga memudahkan para wartawan mendapatkan informasi di tengah keterbatasan akses akibat pandemi COVID-19.

Ada tiga media center yang terdapat dalam perhelatan PON Papua yaitu untuk klaster Merauke terdapat di Perpusda Merauke, untuk klaster Jayapura terdapat di Hotel Grand Allison, dan untuk klaster Mimika terdapat di Hotel Grand Mozza.

Baca juga: PB PON apresiasi kehadiran "media center" lengkapi sukses PON Papua
Baca juga: Foto lawas PON jadi daya tarik di media center Jayapura
Baca juga: Ada pijat gratis, di media center klaster Jayapura
Baca juga: Menengok ruang kerja peliput PON Papua Klaster Mimika
Baca juga: Informasi PON Papua makin meluas dengan adanya Media Center Jakarta
Baca juga: KONI puji fasilitas Media Center Kominfo Jayapura


Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar