Kami mewakili direksi dan seluruh keluarga besar PT BRI Asuransi Indonesia mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada BRINS sebagai Asuransi Umum Syariah Terbaik Kategori Aset di atas Rp100 miliar
Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance (BRINS) meraih penghargaan “Investor Best Syariah Awards 2021” dengan predikat Asuransi Umum Syariah terbaik pada kelompok asuransi umum dengan aset di atas Rp100 miliar.

“Kami mewakili direksi dan seluruh keluarga besar PT BRI Asuransi Indonesia mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada BRINS sebagai Asuransi Umum Syariah Terbaik Kategori Aset di atas Rp100 miliar,” kata EVP Unit Usaha Syariah BRINS Eka Indria dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Eka menyampaikan penghargaan tersebut merupakan suatu kebanggaan dan motivasi lebih untuk meningkatkan kinerja serta terus semangat dalam mengembangkan industri Perasuransian Syariah Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 11 institusi keuangan syariah dan 16 produk keuangan syariah dengan kinerja paling baik. Selain itu, ada empat perusahaan yang mendapat penghargaan khusus.

Penghargaan juga diberikan kepada tiga tokoh yang telah berkontribusi besar untuk perkembangan industri keuangan syariah nasional.

Unit Usaha Syariah BRINS berhasil berkembang secara signifikan dan menghasilkan pendapatan kontribusi sebesar Rp60,58 miliar dan perolehan laba bersih sebesar Rp2,66 miliar.

Lebih lanjut Eka mengatakan bahwa penghargaan tersebut memacu BRI Asuransi Indonesia khususnya Unit Syariah untuk memberikan kontribusi terbaik dalam menjadikan Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka Dunia di masa depan.

Adapun kriteria penilaian kinerja keuangan institusi syariah sebagian besar mengacu pada penilaian institusi konvensional, namun beberapa kriteria disesuaikan dengan parameter syariah.

Pemeringkatan bank syariah, asuransi syariah dan multifinance syariah hanya menggunakan penilaian kuantitatif berdasarkan kinerja finansial.

Dalam penilaian kuantitatif, ada sejumlah parameter yang digunakan untuk penilaian. Pada bank syariah, misalnya, digunakan 17 indikator, termasuk CAR (capital adequacy ratio), NPF (non-performance financing), ROA (return on asset), ROE (return on equity), NIM (net interest margin), BOPO, cash provision, pertumbuhan pembiayaan, return mudarabah, return ijarah.

Sedangkan untuk Dewan Juri Investor Best Syariah Award 2021 beranggotakan para pakar di industri keuangan syariah, yakni konsultan keuangan syariah, Adiwarman Karim, Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah Iggi Achsien, Ketua Dewan Asuransi Indonesia sekaligus Ketua Asosiasi Asuransi Indonesia, Tatang Nurhidayat, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Bisnis, President University, Dr Josep Ginting, dan praktisi industri keuangan syariah, Imam T Saptono.

Baca juga: CEO BRI Insurance raih penghargaan TJSL & CSR Award 2021

Baca juga: BRINS dan Bukalapak kerja sama sediakan proteksi untuk UMKM

Baca juga: Lindungi UMKM, BRINS gandeng Agen BRILink di seluruh Indonesia


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021