Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah pelabuhan wilayah DKI Jakarta berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada Rabu (17/11) pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Dikutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta pukul 06.00 WIB, cuaca Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diperkirakan hujan ringan dengan kecepatan angin berhembus dari selatan ke barat antara 3-15 knot.

Selain itu, ketinggian gelombang air laut antara 0,5-1,25 meter dan diperkirakan maksimum pasang air laut terjadi pukul 08.00 WIB setinggi 0,9 meter.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok berkisar 27-31 derajat celsius dan kelembaban udara 68-80 persen dengan jarak pandang (visibilitas) 10 kilometer.

Baca juga: Hujan ringan turun di sejumlah pelabuhan DKI Jakarta pada Selasa

Demikian pula prakiraan cuaca, suhu, ketinggian gelombang, serta visibilitas di Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaru (Cilincing), serta Pelabuhan Sunda Kelapa (Penjaringan).

Namun, berbeda dengan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru dan Pelabuhan Kaliadem Muara Angke (Penjaringan), BMKG memprakirakan cuaca berawan.

Sementara itu, di wilayah perairan Jakarta, seperti di Perairan Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, dan Laut Jawa Bagian Barat, BMKG memprakirakan cuaca umumnya berawan.

Angin bertiup dari arah timur ke selatan dengan kecepatan angin 5-15 knot.

Baca juga: Hujan berpotensi turun di sejumlah pelabuhan Jakarta

Sementara itu, di daratan Jakarta, khususnya Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprakirakan turun hujan deras disertai kilat/ petir dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari.

Jakarta Barat berpotensi hujan sedang di siang hari, sedangkan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat diperkirakan hujan ringan di siang hari. 

Adapun rata-rata suhu udara di daratan DKI Jakarta berkisar antara 23 sampai 31 derajat celsius (Jakarta Selatan dan Jakarta Timur), 25-31 derajat celcius (Jakarta Pusat dan Jakarta Utara), serta 24-31 derajat celsius (Jakarta Barat) dengan kelembaban udara antara 70-95 persen.

Sedangkan Kepulauan Seribu (26-30 derajat celsius) dengan kelembaban udara berkisar 75-90 persen.

Baca juga: Sabtu, cerah berawan di pelabuhan Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021