Medan (ANTARA) - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang lolos seleksi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin di Medan, Selasa, mengatakan pihaknya bersyukur atas pencapaian tersebut, karena UISU menjadi salah satu dari 69 PTS yang lolos seleksi PKKM Afirmasi 2021.

"Ini membuktikan bahwa UISU mampu bersaing di tingkat nasional dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Alhamdulillah ini menjadi semangat dan momentum untuk kemajuan UISU di masa mendatang," katanya.

Baca juga: Tri Martial guru besar baru Universitas Islam Sumatera Utara

Baca juga: UISU butuh lahan 20 hektare untuk pengembangan kampus


PKKM Afirmasi 2021 merupakan program untuk meningkatkan pelaksanaan transformasi pendidikan tinggi serta mengakselerasi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi perguruan tinggi swasta dengan menerapkan azas keadilan dan afirmatif.

IKU perguruan tinggi merupakan ukuran atau bisa disebut juga sebagai indikator kinerja dari sebuah instansi pendidikan sebagai upaya untuk membuat instansi fokus mencapai target dan tujuan tertentu.

Perumusan IKU oleh Kemendikbudristek bertujuan untuk memudahkan setiap instansi pendidikan dalam meraih target dan melakukan perbaikan kualitas. Selain itu, memberi kemudahan untuk mengukur perkembangan yang berhasil dicapai oleh instansi pendidikan tersebut.

Ia mengatakan keberhasilan pengajuan proposal PKKM Afirmasi 2021 tersebut diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi bagi seluruh sivitas akademika UISU untuk bersama-sama memajukan kampus itu menuju perguruan tinggi yang unggul.

Salah satunya dengan percepatan pencapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi seperti yang dipersyaratkan pemerintah.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution secara terpisah mengucapkan selamat atas lolosnya UISU menjadi salah satu PTS yang mendapat hibah PKKM Afirmasi 2021.

Baca juga: UISU perguruan tinggi sehat di Sumut, sebut LLDikti

Keberhasilan itu harus menjadi semangat bagi seluruh sivitas akademika UISU untuk mewujudkan visi UISU menjadi perguruan tinggi yang Islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah SWT.

Ia berharap dana hibah yang diterima UISU, khususnya untuk Prodi pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika dapat dipergunakan semaksimal mungkin sesuai dengan tujuan PKKM Afirmasi 2021 dalam rangka pencapaian IKU Perguruan Tinggi.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021