Cakupan vaksinasi COVID-19 di Padang capai 70 persen

id cakupan vaksin padang

Cakupan vaksinasi COVID-19 di Padang capai 70 persen

Gubernur Sumbar, Mahyeldi meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID -19 di kampus Fakultas Kedokteran Unand Jati di Padang, ANTARA/Ikhwan Wahyudi.

Padang (ANTARA) - Cakupan vaksinasi COVID-19 di Kota Padang, Sumatera Barat,  terus naik dan pada pekan pertama Desember 2021 sudah menembus angka 70 persen dari target warga yang divaksin sebanyak 726 ribu jiwa.

Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Minggu, mengatakan kesuksesan capaian vaksinasi itu didukung oleh banyak hal terutama serbuan vaksinasi yang gencar dilakukan melalui gerai-gerai vaksin setiap harioleh pemkot dan berbagai pihak hingga kegiatan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin).

“Saya tetap mengimbau  warga Kota Padang yang belum divaksin untuk mendatangi Puskesmas atau gerai-gerai vaksin agar kita bisa segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok,” katanya.

Baca juga: Kodim Banjarmasin jemput bola vaksin warga berbasis data Babinsa

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah COVID-19.

"Tetap memakai masker ke mana bepergian, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan menjauhi kerumunan," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid menilai tingkat kesadaran masyarakat mengikuti vaksinasi sudah cukup tinggi.

Akan tetapi pihaknya juga bertekad akan terus menggenjot cakupan vaksinasi kepada warga Padang yang ditargetkan sebanyak 726 ribu jiwa tersebut.

“Alhamdulillah saat ini capaian vaksinasi di Padang sudah 70 persen. Capaian ini sesuai target kami  yakni minimal hingga akhir 2021 bisa mencapai 70 persen, ujarnya.

Baca juga: Satgas COVID-19 dan Dinkes Papua Barat vaksinasi masyarakat adat

Ia pun mengakui capaian vaksinasi ini berkat dukungan semua pihak dan unsur/lembaga terkait di Kota Padang.

"Baik dari jajaran Pemkot, Kepolisian, TNI, Kejari serta unsur terkait lainnya. Termasuk elemen masyarakat hingga tingkat RT dan RW, apresiasi patut dilayangkan atas kekompakan dan sinergi kita semua," katanya.

Sejalan dengan itu Anggota DPRD Padang Edmon mengajak masyarakat yang belum vaksin untuk melaksanakan vaksin COVID-19 dan tidak perlu khawatir.

"Vaksin merupakan bentuk ikhtiar agar bisa terhindar dari COVID-19 dan upaya agar pandemi ini segera berakhir," kata dia.

Terkait dengan beredarnya sejumlah informasi soal vaksin ia mengajak masyarakat untuk menanyakan langsung kepada petugas kesehatan yang berwenang.

"Jadi jangan hanya percaya informasi yang ada di medsos saja, jika masih ragu datangi Puskesmas dan tanya soal vaksin," ujarnya.
 

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar