PKS Jatim buka posko pengungsian untuk korban terdampak Semeru

id pks jatim,posko pengungsian,awan panas semeru

PKS Jatim buka posko pengungsian untuk korban terdampak Semeru

Relawan PKS Jatim saat memberikan bantuan kepada warga terdampak awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). ANTARA/HO-Humas PKS Jatim.

Lumajang (ANTARA) - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur membuka posko pengungsian bagi para korban terdampak peningkatan aktivitas dan awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Posko tersebut bertempat di rumah Anggota DPRD Lumajang dari PKS Muhammad Hasan di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Lumajang.

"Kami telah berkoordinasi dengan pengurus PKS di sana, juga Probolinggo dan Malang. Selain pos pengungsi di Pronojiwo, kami juga dirikan posko utama di Lumajang dan Malang," ujar Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan ketika dikonfirmasi dari Lumajang, Minggu.

Pos tersebut, kata dia, untuk menampung bantuan sementara, dan nantinya akan ada pendirian pos lainnya sebagai tempat penanganan di lokasi terdampak.

Pihaknya juga telah telah menerjunkan Relawan PKS untuk melakukan assesment dan meminta seluruh jajaran pengurus terdekat memberikan bantuan kepada warga.

"Kami juga menghimpun bantuan dari anggota se-Jatim untuk disalurkan kepada warga. Kita belum tahu sampai kapan dampak Semeru akan terjadi sehingga warga masih harus mengungsi agar aman," ucap politikus muda tersebut.

Nantinya, lanjut dia, jika dibutuhkan relawan lebih banyak maka PKS dari daerah lain akan diberangkatkan untuk membantu korban terdampak.

"PKS Jatim terus berkoordinasi dengan relawan yang ada di lokasi bencana. Kami juga terus meminta mereka melakukan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah setempat, dan tokoh-tokoh masyarakat," kata dia.

Sementara itu, mantan anggota DPRD Jatim dua periode tersebut dijadwalkan berkunjung ke lokasi bencana pada Senin, 6 Desember 2021, sekaligus mengunjungi posko bencana untuk selanjutnya berkoordinasi dengan relawan.

Pada Sabtu sore (4/12), Gunung Semeru mengeluarkan asap panas dan menimbulkan hujan abu ke daerah di sekitarnya. Warga yang tinggal di perkampungan di sekitar gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu mengungsi untuk menghindari dampak guguran awan panasnya.
Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan bantuan untuk pengungsi Semeru
Baca juga: Pemkab Lumajang siapkan posko pengungsian Gunung Semeru
Baca juga: Puluhan warga terdampak Semeru mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar