Gusdurian Jatim galang dana untuk korban letusan Gunung Semeru

id gusdurian,galang dana,warga lumajang,gunung semeru meletus,warga terdampak

Gusdurian Jatim galang dana untuk korban letusan Gunung Semeru

Foto udara kondisi permukiman warga yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pras.

Surabaya (ANTARA) - Gusdurian Peduli Jatim menggalang dana untuk disalurkan kepada para korban terdampak meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian Gusdurian terhadap warga yang terkena musibah di Lumajang," kata Presdium Gusdurian Peduli Jatim Yuska Harimurti di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, untuk penggalangan dana secara umum dipimpin langsung Ketua Umum Gusdurian Peduli A'ak Abdullah Al Qudus yang kebetulan tinggal di Lumajang. Gusdurian adalah komunitas dari orang-orang yang memiliki kecintaan mendalam terhadap mediang KH Adurahman Wahid alias Gus Dur.

Yuska mengatakan, bantuan tersebut nantinya akan disalurkan kepada warga terdampak letusan Gunung Semeru yang berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro. Sebagian wilayah di dua kecamatan tersebut tertutup debu tebal hampir merata.

"Warga untuk sementara diungsikan di tempat aman," katanya.

Adapun kebutuhan awal untuk penanganan para korban terdampak adalah kebutuhan dapur umum, masker, selimut, jas hujan, obat dan vitamin serta alas tidur.

"Kami membuka donasi yang mau membantu para korban terdampak letusan Gunung Semeru," ujarnya.

Adapun bantuan barang bisa disalurkan melalui Gusdurian Peduli Jatim di Surabaya dan donasi dana bisa melalui BCA 8610603999 atas nama yay jaringan Gusdurian peduli.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan hingga Minggu pukul 09.20 WIB, letusan Gunung Semeru telah mengakibatkan 13 warga meninggal dunia.

Letusan Puncak Mahameru tersebut juga mengakibatkan puluhan orang terluka dan harus menjalani perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan. Data BNPB, tercatat sebanyak 41 orang terluka telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal dan kemudian dirujuk ke RSUD Haryoto dan Rumah Sakit Bhayangkara.

Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar