Kupang, (ANTARA News) - Perayaan HUT ke-66 Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste meriah festival budaya tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dipusatkan di Atambua, Kabupaten Belu.

"Selain lomba festival budaya yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT itu, kegiatan lokal ditingkat kabupaten disemarakan dengan lomba gerak jalan sejauh 10 Km, 25 Km dan 45 Km antarkelompok pemuda dan pelajar serta masyarakat umum," kata Wakil Bupati Belu, Ludovikus Taolin, ketika di hubungi dari Kupang, Selasa.

Menurut Wabup Taolin, kegiatan menjelang HUT Proklamasi semakin meriah, karena warga Indonesia baru (eks Timor-Timur) yang saat ini bermukim di Kabupaten Belu, ikut ambil bagian dalam perlombaan dan pertunjukan, sebagai wujud kecintaan mereka atas Merah-Putih yang sudah ditunjukkan sejak 1999 pasca eksodus.

Menurut Taolin, kegiatan perlombaan itu juga tetap menghargai dan menghormati sesama warga negara di wilayah itu yang sedang melaksanakan ibadah puasa, sehingga kegiatan nasionalisme itu penuh dengan toleransi antarumat beragama.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011