Nusa Dua (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima trofi penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengurangan resiko bencana (Global Champion of Disaster Risk Reduction).

Penyerahan trofi penghargaan akan dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon kepada Presiden Yudhoyono di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Sabtu pukul 08.30 WITA.

Penghargaan untuk upaya pengurangan resiko bencana kepada Presiden itu sebenarnya telah diumumkan pada Mei 2011 dan sedianya akan diserahkan kepada Kepala Negara di Jenewa, Swiss, pada 10 Mei 2011.

Namun, saat itu Presiden Yudhoyono tidak hadir karena kesibukan KTT ke-18 ASEAN di Jakarta dan diwakili oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma`arif.

Sebelum penyerahan penghargaan, Presiden dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan PBB. ASEAN juga dijadwalkan melakukan KTT ke-4 dengan PBB sebagai salah satu rangkaian KTT ke-19 ASEAN di Bali 17-19 November 2011.

Selain dengan PBB, pada Sabtu juga dijadwalkan pertemuan bilateral Indonesia dengan India dan KTT ke-9 ASEAN-India.

Pada Sabtu siang pukul 13.00 WITA baru dilakukan KTT ke-6 Asia Timur yang didahului dengan acara makan siang untuk menjamu 19 pemimpin negara Asia Timur yang menghadiri pertemuan tersebut.

Sedangkan penutupan KTT ke-19 ASEAN baru dilaksanakan pada pukul 16.00 WITA dengan pidato penutupan oleh Presiden Yudhoyono dan Sambutan Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen sebagai Ketua ASEAN 2012.

Setelah acara penutupan, Presiden Yudhoyono dijadwalkan memberikan konferensi pers untuk menjelaskan hasil tiga hari KTT ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT Asia Timur. (D013/R010)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011