Belitung, Babel (ANTARA) -

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan seorang yang telah menunaikan ibadah haji harus menjadi teladan bagi masyarakat di daerah itu.

"Seorang haji diharuskan menjadi teladan dan contoh yang baik ketika kembali ke lingkungan keluarga dan masyarakat," kata Ketua IPHI Belitung MZ Hendra Caya ketika menyambut kepulangan jamaah haji di Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung, Minggu.

Dia mendoakan seluruh jamaah haji asal daerah itu yang kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

Baca juga: Menag apresiasi petugas haji telah melayani jamaah haji

"Kami mendoakan semuanya kembali dalam keadaan sehat dapat berkumpul bersama keluarga serta mendapatkan haji yang mabrur," ujarnya.

Selain itu, kata dia, jamaah haji juga diharapkan aktif berperan aktif di tengah masyarakat.

"Mereka diharapkan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas masyarakat karena telah menyempurnakan ibadah sebagai umat Islam," katanya.

Baca juga: Bupati Bangka apresiasi layanan haji tahun 2022

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Belitung Suyanto mengatakan jamaah haji diharapkan menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat setempat.

"Bagaimanapun setelah melaksanakan ibadah haji ada perubahan rohani yang terjadi sehingga diharapkan mereka menjadi teladan di lingkungan keluarga maupun masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya 107 haji di daerah itu tiba di Bandara Internasional H AS Hananjoeddin Belitung dari debarkasi Palembang pukul 13.35 WIB.

Baca juga: Jamaah merasa nyaman laksanakan ibadah haji 2022

Setibanya di bandara, para jamaah langsung menjalani pemeriksaan COVID-19 di Base Ops Lanud H.AS Hananjoeddin Belitung.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022