Ini salah satu upaya meningkatkan akses air bersih, melalui program pemerintah pusat berupa Hibah Air Minum Perkotaan APBN Tahun 2022
Cibinong, Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan menyatakan sebanyak 1.033 pemilik rumah di tiga kecamatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, lolos seleksi untuk menerima hibah sambungan air bersih dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ini salah satu upaya meningkatkan akses air bersih, melalui program pemerintah pusat berupa Hibah Air Minum Perkotaan APBN Tahun 2022," kata Direktur Umum Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor, Abdul Somad di Cibinong, Senin.

Ia menjelaskan pada 2022 ini hibah sambungan air bersih di Kabupaten Bogor diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Cibinong, Parung Panjang, serta Babakanmadang.

Selain mengandalkan program tersebut, pihaknya juga memaksimalkan pemasaran Perumda Air Minum Tirta Kahuripan sebagai upaya menambah pelanggan baru.

"Kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih untuk hidup yang lebih sehat," katanya.

Menurut dia saat ini pelanggan perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Bogor itu tercatat ada 200 ribu sambungan yang tersebar di 26 kecamatan dari total 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

"Mengingat luasnya wilayah pelayanan, maka untuk kemudahan pelayanan terdapat sembilan cabang pelayanan yang berlokasi di beberapa kecamatan," katanya.

Di samping itu, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga menyiapkan fasilitas-fasilitas pembayaran secara daring, baik melalui bank yang sudah bekerja sama, dan PT Pos Indonesia.

"Pembayaran dapat dilakukan melalui agen-agen pembayaran (PPOB) termasuk minimarket Alfamart dan Indomart, juga melalui e-commerce di Indonesia. Untuk informasi yang diperlukan, masyarakat atau pelanggan bisa menghubungi langsung call centre Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor di 1500 412 atau Whatapps di nomor 081293304646," demikian Abdul Somad.

Baca juga: Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Bogor bentuk tim tanggap darurat

Baca juga: Tirta Kahuripan: Sensus pelanggan air bersih di Bogor hingga Juni 2022

Baca juga: Bupati Bogor lantik 3 direksi baru PDAM Tirta Kahuripan

Baca juga: Tirta Kahuripan Bogor ingatkan warga tampung air jelang cuaca buruk

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022