Walaupun kondisi air di bawah laut masih keruh, pengibaran bendera Merah Putih berhasil dilaksanakan.
Dumai (ANTARA) - Tim dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai, Provinsi Riau, sukses mengibarkan bendera Merah Putih di titik 74 bawah laut perairan Pantai Beting Aceh Rupat Utara Kabupaten Bengkalis di kedalaman sekitar 5 meter, Rabu.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Lanal Dumai ini menjadi titik ke-74 dari 77 seluruh Indonesia yang pelaksanaannya serentak oleh TNI Angkatan Laut RI pada peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini.

TNI AL mengusung tema pada perayaan HUT Kemerdekaan Tahun 2022  "Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", dan Pulau Beting Aceh Rupat Bengkalis Riau menjadi salah satu titik lokasi pengibaran bendera.

Pasukan pengibar bendera Merah Putih di bawah laut ‎Rupat Utara ini terdiri atas Komandan Upacara Peltu Mar. Sukri dengan anggota Sertu (Jas) Johan Untung, Serda TTG Aldef Priadi, dan Serda (Bah) Jabbar S. Nur Aras dari Lanal Dumai. Mereka dibantu dua personel Badan SAR Pekanbaru, Agus Suprianto dan Frans Leo Pratama.

Prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut ini diawali dengan Upacara Peringatan HUT RI ke-77 dengan ‎Inspektur Upacara Perwira Staf Operasi Lanal Dumai Kapten Laut (P) Sony Erfianto, Perwira Upacara Danposal Tanjung Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya, dan Komandan Upacara Peltu Mar. Sukri.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P)‎ Stanley Lakahena melalui Pasops Kapten Laut (P) Sony Erfianto mengatakan bahwa TNI AL melaksanakan kegiatan pengibaran bendera di bawah air dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2022.

Pengibaran bendera di bawah air dilaksanakan serentak di 77 titik di seluruh Indonesia sesuai instruksi dari Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono ini terpusat di Perairan Kepulauan Seribu.

"Lanal Dumai bersama pimpinan daerah dan Basarnas berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di titik 74 di bawah laut Rupat Utara oleh empat prajurit Lanal Dumai dan dua dari Basarnas dengan kedalaman sekitar 5 meter dengan kondisi air tidak begitu jernih," kata Sony.

‎Sementara itu, Komandan Upacara Bawah Laut Peltu Mar. Sukri mengaku bangga dan menjadi suatu kehormatan bisa menjadi komandan upacara pengibaran bendera Merah Putih perdana di Riau.

"Walaupun kondisi air di bawah laut masih keruh, pengibaran bendera Merah Putih berhasil dilaksanakan," ujarnya.

Baca juga: 35 peserta kibarkan bendera merah putih di dasar laut Sabang
Baca juga: Komunitas motor Manokwari konvoi merah putih meriahkan HUT RI

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Abdul Razak
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022