konsepnya inovasi untuk memudahkan masyarakat
Kediri (ANTARA) - Program "Putri Lestari" (Pelayanan Terpadu dan Terintegrasi Thalassemia) RSUG Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur, mendapat penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Jatim 2022.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersyukur inovasi pelayanan Putri Lestari untuk pasien thallasemia ini mendapat apresiasi dari Provinsi Jawa Timur.

"Kami terus berinovasi memberikan kemudahan pelayanan. Mudah-mudahan tenaga kesehatan terus memiliki semangat berinovasi khususnya bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus," katanya di Kediri, Kamis.

Wali Kota menjelaskan program Putri Lestari ini dibuat karena Pemerintah Kota Kediri memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi bagi masyarakat yang mengalami thalassemia dan harus menjalani transfusi darah setiap bulan.

Dirinya berharap inovasi tidak hanya datang dari kesehatan. Namun pelayanan-pelayanan yang ada di Kota Kediri harus terus memunculkan inovasinya.

"Jadi konsepnya inovasi untuk memudahkan masyarakat kita. Saya harap ini diikuti pelayanan-pelayanan yang lain," katanya berharap.

Baca juga: Dokter FKUI : Penyakit Thalassemia belum ada obatnya
Baca juga: BPJS Kesehatan permudah layanan peserta penderita thalassemia

Program Putri Lestari (Pelayanan Terpadu dan Terintegrasi Thalassemia) mendapat penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Jatim 2022. Pelayanan Putri Lestari merupakan layanan yang diberikan pada pasien thalassemia yang diluncurkan sejak tahun 2019.

Pada pelayanan Putri Lestari, pasien thalassemia mendapatkan transfusi darah setiap sebulan sekali. Beberapa pasien tidak bisa menerima transfusi darah biasa atau prc dan harus menerima transfusi leucodepleted.

Transfusi leucodepleted dahulu hanya bisa diberikan Rumah Sakit Tipe A di Surabaya atau Malang. Kini, RSUD Gambiran Kota Kediri bekerja sama dengan PMI Kota Kediri menjadi Rumah Sakit Tipe B pertama yang mampu memberikan transfusi leucodepleted, sehingga pasien tidak perlu lagi dirujuk ke RS Tipe A di Surabaya atau Malang.

Baca juga: Wajah anak pucat? Waspadai thalassemia
Baca juga: Penderita thalassemia masih bisa olahraga ringan

Program tersebut juga sekaligus dapat mengurangi beban fisik pasien dan sosio ekonomi bagi keluarga pasien. Dengan program tersebut, angka rujukan pasien thalassemia juga mengalami penurunan.

Tak hanya transfusi leucodepleted, pasien thalassemia juga mendapatkan obat kelasi besi yang harus dikonsumsi setiap hari.

Saat ini terdapat 37 pasien thalassemia yang mendapat pelayanan Putri Lestari di RSUD Gambiran, Kota Kediri.

Saat menerima piagam penghargaan tersebut, Wali Kota Kediri didampingi Kepala Bagian Organisasi Sugiarti, Direktur RSUD Gambiran dr. Aditya Bagus Djatmiko, dan dokter spesialis anak RSUD Gambiran dr. Renyta Ika, Sp.A. 

Baca juga: Keluarga penyandang thalassemia perlu antisipasi dampak psikologis

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022