... jurus lainlah, sama seperti penanganan tanggul Latuharhary kemarin... "
Jakarta (ANTARA News) - Penanganan tumpukan sampah yang terjadi pasca banjir di Jakarta, menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, segera dilakukan tanpa menunggu pengesahan APBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2013. 

Jokowi melanjutkan, penanganan sampah pasca banjir ini bisa menggunakan 'jurus' yang sama saat penanganan darurat tanggul Latuharhary di pinggir Kanal Banjir Barat. "Ada jurus lainlah, sama seperti penanganan tanggul Latuharhary kemarin," kata Jokowi, saat ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Jumat. 

Dia menambahkan bahwa segala cara akan dilakukan termasuk meminta bantuan kepada pihak swasta untuk ikut serta membersihkan Jakarta dari sampah banjir. 

"Kalau perlu nanti sama swasta, kalau APBDnya memang belum diketok," katanya. Penanganannya sendiri akan dimulai setelah intensitas curah hujan yang mengguyur Jakarta menurun. "Nanti, kita fokus ke banjir dulu," katanya. 

Sementara itu, BMKG memprediksi Jakarta masih akan diguyur hujan besar hingga 27 Januari mendatang. Pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menetapkan status tanggap darurat hingga 27 Januari 2013. 

(dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013