Dunia usaha sangat mendambakan konsep industrialisasi yang konsisten dan mendasar.
Jakarta (ANTARA News) - Konsep industrialisasi nasional harus terintegrasi untuk mewujudkan pengembangan industri dalam negeri yang kuat.

"Dunia usaha sangat mendambakan konsep industrialisasi yang konsisten dan mendasar. Untuk itu, legislasi yang masih berorientasi sektor perlu diubah ke arah yang integratif," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, dalam siaran pers yang diterima ANTARA, di Jakarta, Rabu.

Konsep industrialisasi haruslah merupakan konsep integratif. Untuk itu legislasi kita yang masih terlalu berorientasi sektor perlu kita ubah, tambah Sulisto

"Sikap business as usual dan distorsi kebijakan karena tarik-menarik kepentingan haruslah dihentikan," katanya lagi.

Menurut dia, sumber daya alam harus diolah di dalam negeri dan digunakan untuk melakukan industrialiasi dengan menciptakan masa transisi dan momentum yang kuat untuk mengubah ekonomi berbasis ekspor SDA menjadi ekonomi berbasis industri yang bernilai tambah.

"Tantangannya adalah penguasaan teknologi. Teknologi tidak akan dengan sukarela ditransfer kepada kita, tetapi harus dibeli dengan harga yang mahal. Kalaupun mampu membeli teknologi, kita masih harus menghadapi ketergantungan pada pihak luar," katanya.

Menurut dia, sistem perpajakan dan sistem fiskal perlu disesuaikan dengan tujuan mencapai industrialisasi nasional yang tangguh. "Untuk menghadapi tantangan-tantangan industri, tugas menciptakan konsep dasar dan sistem legislasi industrialisasi harus dilakukan secara all out," kata dia.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013