Kendari (ANTARA News) - Umat muslim di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memadati masjid untuk menjalankan ibadah shalat Tarawih menyongsong puasa Ramadhan 1434 Hijriah.

Pantauan di Kendari, Selasa malam bahwa suasana setiap masjid menyambut puasa Ramadhan kondusif dan berjalan dalam suasana harmonis.

Kalangan muslim dewasa maupun remaja berada dalam suasana bahagia dan penuh semangat mendatangi masjid sejak menjelang shalat Magrib.

Usai menjalankan shalat Magrib, kaum jamaah mengisi waktu dengan membaca ayat-ayat suci Al Qur`an menunggu jadwal shalat Isya yang dirangkaikan dengan ibadah Tarawih.

Tidak terdengar letusan petasan maupun kembang api saat berlangsungnya shalat Tarawih.

Personil aparat kepolisian dari satuan lalulintas konsisten mengatur arus lalulintas, khususnya masjid yang berada pada jalur jalan utama kota itu. Meskipun mayoritas umat muslim di Sultra baru malam ini menyelenggarakan shalat Tarawih atau baru akan memulai puasa Rabu (10/7) namun tidak dipungkiri adanya umat muslim lainnya yang sudah menunaikan puasa hari ini Selasa (9/70.

"Tidak penting untuk membicarakan adanya pihak yang memulai 1 Ramadhan hari Rabu (10/7) dan adanya sebagian umat muslim yang sudah berpuasa hari ini Selasa (9/7)," kata Ustaz H.Muslimin.

Perbedaan pandangan 1 Ramadhan patut diterima sebagai karunia dari Allah sehingga selalu hidup dalam suasana harmonis, kata Muslim.

Kapolres Kendari AKBP Anjar Wicaksana menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Kendari yang mengedepankan kesadaran memelihara ketertiban dan keamanan serangkaian bulan suci Ramadhan.

"Aman dan tertib itu indah. Semua aktivitas dapat berjalan lancar maka marilah kita menjaga keamanan dari diri sendiri dan lingkungan sekitar," kata Kapolres Anjar. (S032/M009)

Pewarta: Sarjono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013