Kebanyakan pengendara ini tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK dan pelanggaran tidak mengenakan alat pengaman seperti helm, atau kaca spion,"
Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 200 kendaraan terjaring razia patuh yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kota, persimpangan Terminal Bubulak, Kecamatan Bogor Barat.

"Kebanyakan pengendara ini tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK dan pelanggaran tidak mengenakan alat pengaman seperti helm, atau kaca spion," kata Kepala Satua Lalu Lintas Polres Bogor Kota AKP Bramastyo, Rabu

Kasat mengatakan, operasi patuh merupakan razia rutin yang dilakukan Satlantas Polres Bogor Kota dalam rangka menekan jumlah angka kecelakaan.

Dikatakannya, kecelakaan kerap terjadi diawali dari pelanggaran. Untuk meminimalisirnya melalui razia tersebut mensosialisasikan kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Selain menekan angka kecelakaan, razia kendaraan juga diperuntukkan dalam menindak pelaku tindak pencurian kendaraan bermotor serta pelaku kejahatan lainnya.

Kasat menyebutkan, dalam razia tersebut petugas juga akan menghentikan kendaraan-kendaraan yang mencurigakan.

Menurut Kasat, melalui razia lalu lintas, banyak membantu dalam mengungkap tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor maupun kriminalitas lainnya, seperti membawa senjata tajam.

"Beberapa kali dalam razia yang kita gelar terdapat remaja yang membawa senjata tajam. Ini langsung kita proses ditindak sesuai hukum yang berlaku," kata Kasat.

Kasat menyebutkan, Satlantas Polres memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pencegahan dan penindakan berlalu lintas.

Razia petugas juga dilakukan sebagai sosialisasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas sesuai dengan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kasat menambahkan, razia rutin digelar setiap minggu dengan menyesar titik-titik rawan pelanggaran seperti perbatasan, persimpangan dan kawasan padat arus lalu lintas.

Untuk operasi rutin dilakukan setiap dua hari sekali. Selain itu, Satlantas Polres Bogor juga menggelar operasi rasia secara situasional dengan berpatroli melakukan pengawasan di sejumlah titik.

"Dengan razia rutin dapat memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas, menekan angka kecelakaan dan mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor," kata Kasat.

Sementara itu, ratusan kendaraan yang terjaring razia petugas didominasi roda dua, disusul roda empat dan angkutan umum. Kendaraan yang terjaring dikenai tindakan langsung yang wajib mengikuti sidang dan membayar denda ke pengadilan atas pelanggaran yang dilakukan. (KR-LR/F006)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013