... itu bukan sekedar menangkap orang, tapi pemberantasan korupsi itu bagaimana mencegah orang tidak melakukan korupsi... "
Kulon Progo, Jawa Tengah (ANTARA News) - Calon presiden konvensi rakyat, Isran Noor, menilai pemberantasan korupsi di Indonesia tidaklah susah asalkan ada komitmen bersama.

"Pemberantasan korupsi itu bukan sekedar menangkap orang, tapi pemberantasan korupsi itu bagaimana mencegah orang tidak melakukan korupsi," kata Noor, di Kulon Progo, Jawa Tengah, Minggu,

Dia mengatakan, banyak bupati dan gubernur yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah melakukan kesalahan. Hal ini sangat disayangkan, kenapa KPK dan penegak hukum lainnya tidak menerapkan atau memberlakukan sistem upaya pencegahan supaya gubernur, walikota dan bupati tidak melakukan korupsi.

"Kalau menangkap koruptor yang melakukan korupsi, dan negara sempat rugi, ini bukan pemberantasan korupsi sesungguhnya," kata Noor.

Menurut Noor yang juga bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, menghukum orang itu tidak mudah. Sebab, kalau memghukum orang dengan hukuman yang tidak setimpal atau tidak sesuai dengan tindakannya, artinya menzalimi orang yang tidak berdosa.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014