... ingin usulkan nantinya ada Hari Keroncong... "
Semarang (ANTARA News) - Panglima Kodam IV/ Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Sunindyo, memberi "terobosan budaya" sejak dia mengusulkan musik keroncong masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia.

Usulan keroncong sebagai salah satu budaya Indonesia yang akan diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan itu akan dibahas dalam Rembug Keroncong Indonesia, di Semarang, Sabtu.

"Kami ingin usulkan nantinya ada Hari Keroncong," kata Sunindyo.

Dukungan Sunindyo terhadap pelestarian musik keroncong ini merupakan bentuk kepedulian terhadap ketahanan budaya dari seorang militer aktif. Budaya merupakan salah satu bentuk kekuatan nasional. 

Ia menjelaskan, para praktisi dan akademisi bertemu dalam rembug keroncong untuk membahas tentang perkembangan musik tradisional tersebut. 

Termasuk usulan untuk menjadikannya sebagai salah satu warisan budaya dunia. "Hasilnya nanti akan diserahkan ke saya untuk selanjutnya diusulkan," katanya.

Menurut dia, kepedulian Kodam IV terhadap musik keroncong tidak hanya dilakukan kali ini saja. Pada 2013 lalu, dia telah menggelar Jambore 1.000 Lagu Keroncong.

Dukungan terhadap keroncong tersebut merupakan bagian dari keprihatinan atas kondisi budaya tradisional bangsa ini.

Pewarta: IC Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014