AMSTERDAM dan DUSSELDORF, Jerman, 6 Juni 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- BIC telah memulai pengumpulan kontribusi dan data tulisan tangan digital dari seluruh dunia untuk dijadikan satu font universal. Eksperimen Universal Typeface merupakan sebuah perayaan hari jadi pulpen BIC Cristal, produk alat tulis yang telah diproduksi sebanyak 100 juta unit sejak tahun 1950.

Diinisiasikan oleh agensi DDB di Dusseldorf dan diproduksi oleh perusahaan produksi digital kreatif, MediaMonks, Universal Typeface Experiment oleh BIC adalah inisiatif yang pertama kali yang dilakukan untuk memadukan kontribusi kemampuan tulisan tangan yang indah dan data demografik dari seluruh dunia ke dalam satu rupa huruf atau font.

Pulpen BIC Cristal adalah pulpen terlaris di dunia dan telah diberi gelar sebagai "pulpen universal". Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk mengabadikan tulisan-tulisan tangan pengguna pulpen BIC Cristal dari seluruh dunia dalam bentuk rupa huruf digital yang dapat dibagikan dengan semua orang - berevolusi tanpa henti karena kontribusi data tulisan tangan akan selalu bertambah. Pada platform digital, pengguna dapat menyumbangkan tulisan tangan mereka dengan menggunakan teknologi Mobile Connect. Hal ini memungkinkan mereka untuk menulis dengan cara yang intuitif dan alami di ponsel pintar atau tablet mereka, sembari kontribusi tulisan tangan mereka ditampilkan di komputer desktop.

Situs ini juga dilengkapi dengan segmen eksplorasi yang serba guna, yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan tulisan tangan mereka dengan tulisan-tulisan tangan lain dari seluruh dunia. Pengguna dapat mengeksplorasi sejumlah perbedaan dan kesamaan statistik antara tulisan tangan mereka dengan tulisan-tulisan tangan lain yang berasal dari demografis yang berbeda, yang dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, lapangan kerja, dan karakteristik lain. Untuk mewujudkannya, diciptakanlah sebuah algoritma unik untuk memadukan seluruh kontribusi dan mengkonklusikan hasil akhir: Universal Typeface.

Jan Propach, Direktur Kreatif DDB Dusseldorf, mengatakan: "Tulisan tangan adalah salah satu harta paling berharga bagi manusia. Mengingat BIC adalah salah satu produsen alat tulis universal terdepan di dunia dan miliaran orang menggunakan produk-produk mereka, muncul pertanyaan: lalu, akan seperti apakah tulisan tangan universal? Eksperimen ini memungkinkan kami untuk mengeksplorasi hal tersebut dan memperingati pulpen yang digunakan di seluruh dunia."

Joris Pol, Direktur Proyek Internasional MediaMonks, mengatakan: "Dalam rangka menjadikan universal Typeface sebagai representasi dari seluruh kontribusi tulisan tangan dari seluruh dunia, dan untuk mensahkan rupa huruf tersebut, MediaMonks telah mengembangkan sebuah algoritma kompleks yang menjadi dasar dari eksperimen digital. Kesempatan untuk menyatukan kreativitas dan teknologi dengan menjembatani dunia analog dan digital merupakan sebuah kehormatan yang luar biasa bagi tim desain dan pengembangan kami."

Dennis May, Creative Managing Director, DDB Dusseldorf, mengatakan: "Warisan DDB selalu tentang ide-ide yang terhubung dengan orang-orang. Oleh karenanya, kami sangat antusias dengan eksperimen Universal Typeface ini - karena kami menggunakan teknologi baru untuk mewujudkan warisan tersebut dengan cara baru."

Pada bulan Agustus, versi perdana Universal Typeface sudah dapat diunduh dan dapat digunakan seperti rupa huruf lain yang sudah ada.

Tautan Universal Typeface Experiment: http://theuniversaltypeface.com/


Sekilas tentang DDB

DDB Worldwide (www.ddb.com) adalah salah satu jaringan periklanan dan pemasaran terbesar di dunia yang banyak memenangkan berbagai penghargaan. Di tahun 2012, DDB dinobatkan sebagai Jaringan Periklanan Terbaik di Tahun 2012 oleh Campaign, Agensi Periklanan Terbaik di Tahun 2012 dan Agensi Digital Terbaik di Tahun 2012 oleh majalah Strategy. Pada ajang Festival Kreativitas Internasional Cannes 2013, DDB berhasil memenangkan 93 Lions, jumlah terbanyak yang pernah dimenangkan oleh sebuah jaringan. Selain itu, The Gunn Report memasukan DDB sebagai salah satu dari Top 3 Global Networks selama 12 dari 15 tahun terakhir. Klien-klien agensi ini diantaranya adalah Volkswagen, McDonald's, Unilever, Mars, Johnson & Johnson, dan Exxon Mobil.

Didirikan pada thaun 1949, DDB adalah bagian dari Omnicon Group (NYSE) dan memiliki lebih dari 200 kantor cabang yang tersebar di lebih dari 90 negara, dengan kantor pusatnya di New York, NY.


Sekilas tentang Omnicom Group Inc.


Omnicom Group Inc. (NYSE:OMC) adalah perusahaan pemasaran dan komunikasi korporat global  terkemuka. Jaringan-jaringan dan firma-firma Omnicom menyediakan layanan periklanan, perencanaan dan pembelian media strategis, pemasaran digital dan interaktif, pemasaran langsung dan promosional, hubungan masyarakat dan layanan komunikasi khusus lainnya untuk lebih dari 5000 klien di lebih dari 100 negara.

untuk informasi lebih lanjut tentang Omnicom dan produk-produknya, silakan kunjungi  www.omnicomgroup.com.

Untuk informasi lebih lanjut:

Marta Tomczak, FinchFactor
marta@finchfactor.com
+0031-(0)20-794-4733

Sara Cosgrove, DDB Europe
sara.cosgrove@ddb-europe.com
+44-(0)-20-7258-4230  
     

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014